Pemerintah Siap Impor Sapi Bunting

Husen Miftahudin    •    Senin, 14 Sep 2015 19:58 WIB
kementan adsimpor sapi
Pemerintah Siap Impor Sapi Bunting
Illustrasi. ANT/Adeng Bustomi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan untuk tidak akan mengimpor sapi siap potong. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan yang melarang lakukan impor sapi siap potong dari luar negeri.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Muladno Bashar mengungkapkan, penyetopan impor sapi siap potong itu kembali ditegaskan melalui Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 48 Tahun 2015 tentang pemasukan sapi indukan, sapi bakalan, dan sapi siap potong ke Indonesia.

"Impor sapi siap potong sudah tidak boleh. Sapi impor yang masuk ke Indonesia harus digemukkan terlebih dahulu tiga sampai empat bulan sebelum dipotong," ujar Muladno di Kompleks DPR Senayan, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2015).

Ia menambahkan, sebagai pengganti impor sapi siap potong, pemerintah akan mengimpor sapi indukan bunting. Karena impor sapi indukan bunting dapat menambah populasi sapi dalam negeri dengan waktu yang relatif singkat.

Hingga akhir tahun pemerintah menargetkan penyerapan impor sapi indukan bunting sebanyak 30 ribu ekor. Pemerintah akan mengimpor 11 ekor sapi indukan pada bulan ini.

"Pemerintah terus lakukan konsolidasi untuk membahas permasalahan impor sapi indukan melalui satu pintu. Kita harapkan akan dapat terserap 30 ribu ekor indukan sampai akhir tahun," pungkas Muladno. 



(SAW)