Malcolm Turnbull Geser Tony Abbot Sebagai PM Australia

Dheri Agriesta    •    Senin, 14 Sep 2015 19:58 WIB
politik australia
Malcolm Turnbull Geser Tony Abbot Sebagai PM Australia
Mantan Perdana Menteri Australia Tonny Abbot (kiri) dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turbull (kanan). Foto: AFP/Greg Wood.

Metrotvnews.com, Australia: Tonny Abbot lengser dari posisi Perdana Meneteri Australia setelah dikalahkan Malcolm Turnbull dalam pemilihan internal Partai Liberal. Abbot kalah dengan selisih sepuluh suara dari Turnbull.

Turnbull mendapatkan 54 suara dalam pemilihan internal Partai Liberal. Sementara Abbot hanya memperoleh 44 suara seperti dilansir BBC, Senin (14/9/2015). 

Turnbull yang merupakan Menteri Komunikasi dalam kabinet akan dilantik setelah Abbot menyerahkan surat pengunduran diri. Selain itu, Partai Liberal juga menunjuk Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop sebagai sebagai Wakil Ketua Partai setelah memenangkan pemilihan umum tertutup.

Dalam konferensi pers di Canberra beberapa waktu lalu, Turnbull menyebut, Partai Liberal akan kehilangan suara pada pemilu berikutnya jika Abbot tetap memimpin. 

"Cukup jelas pemerintah tidak berhasil dalam memberikan kepemimpinan ekonomi yang kita butuhkan," kata Turnbull saat itu. Menurut dia Australia membutuhkan gaya kepemimpinan yang baru.

Turnbull akan menjadi perdana menteri ke empat Australia sejak 2013. Sebelumnya, Perdana Menteri Julia Gillard digulingkan rivalnya Kevin Rudd sebulan sebelum pemilihan umum yang dimenangkan Tony Abbot. 


(DRI)

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

Novanto Menghadiri Sidang Perdana

36 minutes Ago

Novanto tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta pada pukul 09.40 WIB. Ia mengenakan kemeja putih dib…

BERITA LAINNYA