4 Pemuda Sindikat Curanmor Bersenjata Dibekuk Polres Serang

Batur Parisi    •    Senin, 14 Sep 2015 20:00 WIB
pencurian
4 Pemuda Sindikat Curanmor Bersenjata Dibekuk Polres Serang
Polisi berhasil mengamankan senjata api rakitan. Foto: MTVN/Batur

Metrotvnews.com, Serang: Empat pemuda sindikat spesialis pencurian kendaraan bermotor jaringan Lampung yang kerap beraksi di wilayah Serang, Banten, berhasil dibekuk Polres Serang.

Kapolres Serang, AKBP Nunung Syaefudin, mengatakan keempat tersangka itu masih sangat muda. Salah satunya masih berprofesi sebagai pelajar. “Keempatnya masih muda," ujar Nunung, di Polres Kota Serang, Senin (14/9/2015).

Keempat tersangka itu berinisial KH (pelajar), CI (petani), AA, dan DS. Penangkapan ini merupakan hasil pengembangan penangkapan sebelumnya. Mereka ditemukan di sebuah indekos di Cikande. 

“Awalnya kita mengamankan dua tersangka. Setelah dikembangkan, kita tangkap lagi dua tersangka yang berada," ujarnya. Aparat polisi juga berhasil mengamankan empat barang bukti, yakni sepeda motor jenis matic dan senjata api. Polisi juga mengamankan kunci T, pisau, dan beberapa pelat nomor. 

Penangkapan berawal saat polisi tengah menggelar pemeriksaan rutin. Mengetahui ada gerak-gerik yang mencurigakan dari salah satu sepeda motor, polisi lantas mengejar. Ketika hendak ditangkap, pelaku melawan dengan mengeluarkan senjata api rakitan.

Pelaku sempat menembakan senpinya ke arah petugas bernama Ipda Dwiyanto sebanyak dua kali, beruntung senpi yang digunakan pelaku macet. “Tapi, Alhamdulillah tidak meletus pelurunya. Pada saat itu juga pelaku kita tangkap,” kata Dwiyanto.

Karena perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. Sedangkan pelaku yang usianya masih di bawah umur diberikan perlakuan berbeda dengan pasal yang sama.

Untuk pelaku yang menggunakaan pistol rakitan, lanjut Rizal, mereka dikenakan Pasal darurat dengan ancaman hukuman belasan tahun penjara.



(UWA)