Toko Pertanian Dapat Stabilkan Harga

Antara    •    Senin, 14 Sep 2015 20:09 WIB
kementan ads
Toko Pertanian Dapat Stabilkan Harga
illustrasi. MEDIA INDONESIA/Korespnden

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, konsep toko pertanian,  yang akan dibangun di sentra-sentra perdagangan berbagai daerah, dapat menstabilkan pasokan dan harga kebutuhan pokok masyarakat yang sering bergejolak.

"Pembentukkan toko-toko tani, minimal satu di setiap titik strategis seperti Pasar Cipinang, Kramat Jati dan lain-lainnya di seluruh titik di Indonesia, sejalan dengan upaya stabilisasi harga-harga kebutuhan pokok masyarakat," ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Jakarta,
Senin (14/9/2015).

Menurut Amran Sulaiman, keberadaan toko pertanian ini diharapkan menjadi solusi permanen untuk memutus rantai suplai berbagai produk pertanian yang sangat panjang mulai dari tingkat petani hingga konsumen. Hal ini berdampak pada tingginya harga jual produk pangan di masyarakat, terutama saat terjadi kelangkaan pasokan.

Mentan menjelaskan pembangunan toko tersebut dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan sejumlah stakeholder terkait lainnya seperti Bulog, Kementerian Perdagangan, kelompok-kelompok tani dan bahkan juga melibatkan para mahasiswa pertanian dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia sebagai pendamping.

“Toko-toko pertanian tersebut diharapkan juga akan dilengkapi dengan fasilitas cold storage kapasitas besar untuk menampung pasokan produk-produk hortikultura dan bahan pangan lainnya sehingga gejolak harga bisa dikendalikan dengan adanya manajemen stok yang baik,” tambahnya.

Mentan menyatakan bahwa Pemerintah akan bergerak cepat jika ada anomali dan pergerakan harga kebutuhan pokok, terlebih ketika adanya kekurangan suplai dan konsumen karena tingginya harga.

“Upaya ini tidak bisa dilakukan sendirian. Tanpa adanya kerjasama yang komprehensif dan melibatkan semua pihak terkait, maka konsep demikian tidak mungkin berhasil," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah anggota Komisi IV DPR diantaranya Hardisoesilo dari Fraksi Partai Golkar, Ono Surono (Fraksi PDIP) dan Ook Sutisna (Fraksi Gerindra) mempertanyakan konsep toko pertanian mampu mengendalikan melambungnya harga-harga pangan dan berbagai komoditas pertanian lainnya.

Menurut Hardisoesilo, Bulog dulu juga pernah mencoba membangun outlet-outlet berupa minimarket untuk menyediakan bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau. Namun akhirnya upaya itu macet ditengah jalan.



(SAW)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

4 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA