BPMPD Jabar Klaim Tak Palsukan Po Box Rekrutmen Pendamping Desa

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 14 Sep 2015 20:15 WIB
dana desa
BPMPD Jabar Klaim Tak Palsukan Po Box Rekrutmen Pendamping Desa
Massa aksi berkumpul di depan kantor BPMPD Jabar. Foto: MTVN/Octa

Metrotvnews.com, Bandung: Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Jawa Barat, Dede Rusdia, mengatakan rekrutmen pendamping desa bukan hak dan kewenangan lembaganya.

Mengenai alamat Po Box yang diberikan BPMPD untuk pengiriman berkas para pelamar, ia mengklaim itu ada. "Kami tidak berbohong. Untuk masalah alamat memang ada, kami ada buktinya," kata Dede di Gedung BPMPD Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (14/9/2015).

Ia menjelaskan, rekrutmen pendamping desa dilakukan secara online. "Pokoknya kami tidak menghalang-halangi publikasi kepada masyarakat, terutama di daerah," beber Dede.

Selanjutnya, menurut Dede, mengenai pemberkasan lewat surat via Po Box, sudah dilakukan sejak lama. "Pengiriman via Po Box juga sudah disewa mulai Juli tahun ini. Untuk sosialisasi, sebelumnya kami juga sudah bekerja sama dengan BPMPD kabupaten," katanya.

Sebelumnya, puluhan massa Jaringan Pemantau Pendampingan Desa (JP2D) Jawa Barat, menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung BPMPD Jabar. Mereka kecewa karena BPMPD Jabar gagal melaksanakan proses rekrutmen pendamping desa.

"Kita menuntut hasil akhir dari proses rekrutmen pendamping desa ini. Jabar merupakan provinsi yang keterlambatannya jauh sekali. Provinsi lain sudah selesai melakukan rekrutmen. Sosialisasi di Jabar juga minim, hanya dari media," kata Taufik Nurrohim, koordinator aksi, di lokasi unjuk rasa.

Menurut Taufik, ketika proses pemberkasan rekrutmen, rekan-rekannya yang datang ke BPMPD ada yang ditolak dan dipersilakan mengirim berkas lewat surat.

"Rekan-rekan yang ditolak diminta mengirim berkas lewat surat sesuai Po Box yang telah diberikan pihak BPMPD, namun ketika kita cek di beberapa daerah, banyak PT Pos tidak mengetahui alamat Po Box tersebut. Di sini kami ingin menanyakan apakah itu alamat palsu atau seperti apa," ujarnya.



(UWA)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

8 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA