Ahok Usulkan Lulusan IPDN Diperlakukan Seperti Lulusan STAN

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 14 Sep 2015 21:18 WIB
ahok
Ahok Usulkan Lulusan IPDN Diperlakukan Seperti Lulusan STAN
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama--MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Basuki 'Ahok' Tjahja Purnama mengusulkan sistem penempatan lulusan Institut Penerimaan Dalam Negeri (IPDN) sama seperti Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Ahok mengusulkan lulusan IPDN tetap mengikuti sistem penerimaan masuk pegawai negeri sipil.

"Saya tawarkan seperti STAN. Dia lulus masih bertanding dengan yang lain. Jadi bisa saja dari IPDN tapi tetap tes seperti STAN. Jadi enggak langsung masuk," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (14/9/2015).

Ahok menjelaskan, usulan itu sesuai dengan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Undang-undang ASN menyatakan, penerimaan ASN akan melalui penilaian secara objektif berdasarkan kompetensi, kualifikasi dan kebutuhan instansi.

"Toh, UU ASN saja bilang jabatan ditentukan bukan karena karir kepamongan lagi. Tapi kombinasi tes, (kemampuan) komputer, makalah dan wawancara psikologi," ujar Ahok.

Di tempat yang sama, Guru Besar IPDN Djohermansyah Johan akan mempertimbangkan usulan Ahok. Pria yang akrab disapa Djo ini menyebut akan mengkaji usulan-usulan yang diberikan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Semua akan kita kaji, saya juga sampaikan tak ada masalah di kalangan alumni. Yang pasti ini jadi bahan pertimbangan kami ke depan," pungkas mantan Dirjen Otda Kemendagri itu.


(DRI)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

7 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA