Sosok Ali Wardhana Dipercaya Lembaga Internasional

Antara    •    Selasa, 15 Sep 2015 10:21 WIB
kementerian keuangan
<i>Sosok Ali Wardhana Dipercaya Lembaga Internasional</i>
Almarhum Menkeu Ali Wardhana akan dimakamkan Selasa ini. (FOTO: MTVN/Suci Sedya Utami)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Staf Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengatakan mantan Menteri Keuangan Ali Wardhana merupakan sosok yang tegas dan dipercaya oleh dunia internasional.

"Dia itu tipikal tidak bisa bercanda, tegas, dan lembaga luar negeri semua percaya sama dia," kata Sofjan Wanandi saat dihubungi di Jakarta, Senin malam.

Sofjan mengatakan, almarhum yang yang meninggal dunia pada usia 87 tahun itu merupakan arsitek perekonomian Indonesia pada awal era Orde Baru yang juga mudah bergaul dengan siapapun. Almarhum dikenal sebagai penggemar berat cerutu impor merek "Davidoff" dan "Partagas".

"Dia itu salah satu Menkeu paling muda, gampang sekali bergaul. Biasanya juga merokok setelah makan siang, satu sampai dua cerutu dalam satu hari," kata aktivis pada era awal Orde Baru ini mengenai kebiasaan Ali Wardhana.

Sofjan yang juga pengusaha ini mengaku terakhir bertemu almarhum pada acara peluncuran buku "Tribute to Ali Wardhana" yang dihadiri oleh para kolega serta murid-muridnya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada Juni 2015.

Mantan Menteri Keuangan pada era Orde Baru, Ali Wardhana meninggal dunia pada usia 87 tahun di Jakarta, pada pukul 15.30 WIB, setelah dikabarkan menderita sakit. Jenazah dimakamkan pada Selasa (15/9/2015) ini.

Prof Dr Ali Wardhana yang lahir di Solo, Jawa Tengah pada 6 Mei 1928 merupakan salah satu anggota penasehat perekonomian Orde Baru, dan menjadi Menteri Keuangan periode 1968-1983 serta Menteri Koordinator Ekonomi, Industri (Ekuin) dan Pengawasan Pembangunan periode 1983-1988.

Ali Wardhana menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 1958, dan mendapatkan gelar Master of Arts dari University of California Berkeley, Amerika Serikat pada 1961 dan menyelesaikan program doktoral PhD dari universitas yang sama pada 1962.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA