Sindir Trump, Obama: Anti-Imigran Bertentangan dengan AS

Willy Haryono    •    Selasa, 15 Sep 2015 12:00 WIB
pemilu as
Sindir Trump, Obama: Anti-Imigran Bertentangan dengan AS
Presiden AS Barack Obama dalam diskusi pendidikan di sebuah sekolah di Des Moines, Iowa, Senin (14/9/2015). (Foto: AFP / Steve Pope / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Metrotvnews.com, Iowa: Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyebut sentimen anti-imigran dalam kampanye Partai Republik sebagai sesuatu yang "bukan Amerika." 

Walau tidak menyebutkan nama, hampir dapat dipastikan kritik Obama ditujukan kepada kandidat terdepan Republik, Donald Trump. 

"Sentimen anti-imigran yang beredar dalam dunia politik kita saat ini bertentangan dengan siapa kita ini sebenarnya," ujar Obama dalam pertemuan di sebuah sekolah di Iowa, AS, Senin (14/9/2015). 

"Kecuali Anda benar-benar keturunan suku asli Amerika, keluarga Anda pasti berasal dari tempat lain," sambung dia, seperti dilansir AFP.

Obama datang ke Iowa untuk membicarakan proposal kebijakan pendidikan, namun sesi tanya jawab dengan warga beralih ke pemilihan umum AS 2016. 

Trump, yang memimpin di sejumlah polling di AS, mengeluarkan komentar kontroversial di awal kampanyenya, dengan menyebut sebagian besar imigran Meksiko di AS adalah pengedar narkotika dan pemerkosa. 

Sejak saat itu, Trump terus menyerang masalah keimigrasian, dan bertekad akan mendeportasi semua imigran ilegal saat dirinya menjadi presiden. 

"Kita dapat menggelar debat mengenai sistem keimigrasian yang adil dan berkekuatan hukum di negara kita," ujar Obama. 

"Namun saat saya mendengar seseorang berbicara bahwa seolah-olah anak-anak (imigran) ini berbeda dengan anak-anak saya, atau lebih rendah derajatnya di mata Tuhan, maka dia tidak patut dihargai. Saya rasa sikap seperti itu bukan Amerika. Saya rasa itu salah," tambah dia.


(WIL)