Lebih 200 Hotspot di Kalbar, Jarak Pandang hanya 20 Meter

Nasir Putra    •    Selasa, 15 Sep 2015 12:06 WIB
kabut asap
Lebih 200 Hotspot di Kalbar, Jarak Pandang hanya 20 Meter
Kabut asap menyelimuti Kota Pontianak, Metrotv - Aswandi

Metrotvnews.com, Pontianak: Kabut asap akibat pembakaran lahan membuat jarak pandang di wilayah Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), hanya berkisar 20 Meter. Sementara Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Siantan, Kota Pontianak, mendeteksi 228 titik api atau hotspot di provinsi tersebut.

Hingga Selasa (15/9/2015) siang, kabut asap masih menyelimuti sejumlah wilayah di Kalbar. Misalnya Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Mempawah.
 
Pengendara terpaksa menyalakan lampu saat melintas. Sebab, kabut asap menghambat pandangan pengendara.

BMKG mencatat 288 titik api di enam kabupaten di Kalbar. "Paling banyak di Ketapang yaitu 113 titik api," kata Kepala BMKG Siantan Kalus JA Damanik.

Sementara itu, sejumlah sekolah dasar diliburkan. Di Pontianak, kegiatan belajar mengajar di SD diliburkan hingga Senin pekan depan. Keputusan yang diedarkan Pemerintah Kota Pontianak itu bertujuan mengurangi paparan kabut asap pada kesehatan pernapasan anak-anak.

"Mulai besok liburnya. Senin (pekan depan) masuk. Tapi gurunya tetap harus datang ke kantor," kata Evi, warga Kota Pontianak yang juga pengajar di sebuah SD tersebut.

Evi mengakui matanya perih saat berkendara. Napas pun jadi sesak meski telah mengenakan masker penutup hidung dan mulut.

Pekan lalu, Pemerintah Kota Pontianak melibutkan kegiatan belajar mengajar siswa SD dan SMP selama dua hari sejak Kamis 10 September. Namun masa libur ditambah karena asap kian pekat dan tebal.
 


(RRN)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA