Ridwan Kamil: Saya Bukan Wikipedia

Jaenal Mutakin    •    Selasa, 15 Sep 2015 12:23 WIB
ridwan kamil
Ridwan Kamil: Saya Bukan Wikipedia
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Antara/Agus Bebeng)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyebut dirinya bukanlah Wikipedia yang mengetahui segala informasi. Pernyataan arsitek yang kerap disapa Emil itu keluar ketika ditanya ihwal pengadaan senjata dan kamera pengintai (CCTV) oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Awal mulanya, ada informasi kalau Dishub Kota Bandung belum melakukan lelang pengadaan closed circuit television (CCTV). Padahal sudah lima bulan lebih anggaran dari APBD tahun 2015 cair. 

"Saya baru dengar soal lelang CCTV. Sepengetahuan saya, dari 100 persen paket pekerjaan, hampir 80 persen sudah masuk lelang. Yang 20 persennya harus dicek ulang," kata Emil saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jl Wastukancana, Senin (14/9/2015).

Emil menuturkan jika dirinya tidak hafal soal urusan teknis. Pada titik inilah dia menyebut dirinya bukanlah Wikipedia. "Jadi mohon dimaklumi, saya bukan Wikipedia. Saya banyaknya ke urusan strategis. Kalau CCTV belum lelang, saya cek lagi," ujarnya.

Sekadar informasi, Wikipedia adalah situs daring penyedia ensiklopedia bebas dengan berbagai bahasa. Situs itu dibangun oleh sukarelawan yang dapat dinikmati secara gratis. Hampir mayoritas informasi dari mulai politik hingga flora fauna di dunia termaktub dalam Wikipedia. Situs ini kerap dijadikan rujukan netizen.

Sadar akan keterbatasan informasi yang dimiliki, Emil berterima kasih pada juru warta. Meski dia sering dibuat kaget dengan informasi-informasi teknis yang belum sampai ke telinganya. Termasuk, soal belanja senjata oleh Dishub.

Emil mengaku tahu informasi tersebut dari wartawan. Karenanya, Emil mengecek kebenaran rencana belanja senjata di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"DPRD tidak berkenan dengan anggaran tersebut, saya putuskan belanja senjata dibatalkan. Saya belum melihat logika relevansinya, saya belum melihat urgensinya," ujar Emil.


(SAN)