2 Pasangan Calon Walkot/Wawalkot Mataram Ditetapkan

Antara    •    Selasa, 15 Sep 2015 14:31 WIB
pilkada serentak
2 Pasangan Calon Walkot/Wawalkot Mataram Ditetapkan
Ilustrasi/Antara

Metrotvnews.com, Mataram: Komisi Pemilihan Umum Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menetapkan dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung dalam pemilihan kepala daerah pada 9 Desember 2015.

Penetapan dua pasangan calon kepala daerah itu disampaikan Ketua KPU Kota Mataram HM Ainul Asikin didampingi komisioner KPU lainnya dan Pawaslu Kota Mataram. Penetapan dihadiri partai pengusung dan ketua tim pemenangan kedua pasangan calon di Mataram.

Ainul Asikin mengatakan, dua pasangan calon kepala daerah yang ditetapkan adalah Ahyar Abduh sebagai calon wali kota berpasangan dengan Mohon Roliskana sebagai calon wakil wali kota atau disebut paket "Aman". 

Sementara rival "Aman" adalah pasangan calon kedua: Salman sebagai calon wali kota dan Jana Hamdiana sebagai calon wakil wali kota. Pasangan ini disebut paket "Sahaja".

"Penetapan itu sesuai dengan keputusan KPU Kota Mataram Nomor 89/Kpts/KPU-Mataram/017.433892/tahun 2015 tentang Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk Pilkada 2015," sebutnya di Mataram, Selasa (15/9/2015), seperti ditulis Antara.

Acara penetapan pasangan calon kepala daerah diakhiri dengan penyerahan berkas kepada tim pemenangan kedua pasangan calon kepala daerah. Menurut Ketua KPU Mataram, berkas yang diserahkan itu berupa keputusan penetapan pasangan calon, berita acara hasil pemeriksaan persyaratan calon dan pencalonan serta berita acara kesepakatan besaran biaya kampanye per pasangan yang ditetapkan maksimal Rp2,6 miliar.

"Setelah penetapan pasangan calon ini, tahapan selanjutnya akan dilakukan pencabutan nomor urut pasangan calon," katanya.

Sesuai jadwal, pencabutan nomor urut pasangan ini akan dilaksanakan Rabu 16 September. "Setelah pencabutan nomor urut, selama tiga hari kita masuk masa tenang dan dilajutkan dengan tahapan kampanye," ujarnya.

Penetapan pasangan calon di kantor KPU Mataram Jalan Gajah Mada berlangsung lancar, namun puluhan aparat kepolisian tetap berjaga baik di dalam maupun luar ruangan sebagai upaya antisipasi.

Sebelum penetapan, KPU Kota Mataram terlebih dahulu melakukan rapat pleno tertutup bersama para komisionernya.



(KRI)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

8 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA