Kebiasaan yang Meningkatkan Risiko Penyakit Hingga Kematian

Torie Natalova    •    Selasa, 15 Sep 2015 15:15 WIB
kesehatan
Kebiasaan yang Meningkatkan Risiko Penyakit Hingga Kematian
Duduk terlalu lama bisa tingkatkan risiko diabetes. (foto:huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mungkin Anda berpikir bahwa kehidupan yang selama ini Anda lakoni sudah berada di jalan yang sehat. Makan sehat, olahraga teratur, membatasi konsumsi gula, dan Anda akan berpikir bisa hidup hingga 100 tahun. Belum tentu.

Seiring berjalannya waktu, menjalani hidup sehat lebih rumit daripada sekedar olahraga dan makan yang benar. Hal atau kebiasaan yang sering Anda lakukan sehari-hari lebih berdampak pada perilaku sehat yang Anda pikirkan.

Nah, berikut adalah lima hal yang setiap hari Anda lakukan selama bertahun-tahun dan bisa meningkatkan risiko penyakit hingga kematian.

1. Anda tidak sering mengonsumsi makanan pedas
Peneliti Cina melacak kebiasaan diet lebih dati 3 juta orang selama tujuh tahun dan menemukan mereka yang suka makan makanan pedas 6-7 hari per minggu memiliki 14 persen lebih rendah dari kematian dibanding mereka yang kurang konsumsi makanan pedas. Menurut penelitan, capsaicin (komponen aktif utama dari cabai) berperan di sini karena memiliki antioksidan, anti-inflamasi, antikanker dan efek anti-hipertensi.

2. Anda sering menghabiskan waktu seorang diri
Waktu untuk sendiri memang penting untuk menjaga kewarasan Anda. Tapi, sebuah penelitian psikologi menemukan bahwa orang yang kurang memiliki hubungan sosial berada pada risiko kematian dini. Kesepian meningkatkan risiko kematian dini sebesar 26 persen, sementara hidup sendiri bisa meningkatkan risiko hingga 32 persen. Yang mengerikan lagi, para peneliti menemukan bahwa risiko dari kesepian dan anti sosial sebanding dengan yang terkait dengan obesitas berat.

3. Anda lebih banyak duduk dibanding berdiri
Duduk adalah hal yang tak bisa dihindari di tempat kerja. Saat Anda menghabiskan waktu di depan komputer, berdiri adalah saat-saat yang langka. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan the Annals of Internal Medicine, menghabiskan waktu dengan menonton tv, bekerja dan lainnya dikaitkan dengan risiko yang lebih besar untuk semua jenis kematian, mulai dari peningkatan risiko penyakit kardsiovaskular dan diabetes tipe 2. 

Studi lain menunjukkan waktu luang yang dihabiskan dengan duduk saja dikaitkan dengan risiko dari semua kanker, namun secara khusus kanker payudara, dan ovarium pada wanita.

4. Menghabiskan waktu di perjalanan menuju kantor
Hal yang lebih buruk daripada terlalu lama duduk di meja kerja adalah perjalanan Anda ke kantor. Anda yang tingga di kota besar, kemacetan panjang berhubungan langsung penurunan aktivitas fisik dan tekanan darah tinggi. Selain itu, juga meningkatkan risiko kelelahan, kecemasan, depresi dan isolasi sosial.

5. Anda tak cukup tidur atau kelebihan tidur
Tidur sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk mengembalikan stamina yang habis seharian. Berdasar penelitian the Journal Sleep, tidur terlalu lama dan terlalu sedikit bisa meningkatkan risiko kematian dini. Segera perbaiki waktu tidur Anda dengan minimal 8 jam sehari. (Prevention)


(LOV)