LINE Tantang Komikus Ikut Lomba Webtoon Contest

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 15 Sep 2015 15:29 WIB
line
LINE Tantang Komikus Ikut Lomba Webtoon Contest
LINE Webtoon Contest akan berlangsung selama satu bulan.

Metrotvnews.com: LINE mengumumkan LINE Webtoon Contest dengan total hadiah sebesar Rp170 juta. Perlombaan membuat komik digital ini akan berlangsung selama satu bulan, dimulai pada hari ini, 15 September dan berakhir pada tanggal 15 Oktober. Sementara pemenang dari perlombaan skala nasional ini akan diumumkan pada tanggal 30 Oktober.

"Kami mengadakan lomba ini karena kami sadar bahwa ada banyak komikus berpotensi di negara ini," kata Ghina Fianny, Manager LINE Webtoon Indonesia. "Tujuan kami tahun ini adalah untuk mendapatkan 9 komik lokal dari Indonesia."

Webtoon Contest ini dapat diikuti individu maupun kelompok. Salah satu syarat bagi peserta yang ingin ikut serta dalam perlombaan ini adalah berusia 14 tahun ke atas. Syarat lain adalah komik yang dimasukkan ke dalam perlombaan belum pernah dipublikasikan secara online, kecuali jika hanya dipublikasikan melalui blog pribadi atau akun media sosial sang peserta. LINE juga tidak menyebutkan batasan dalam jumlah seri ataupun genre yang ingin diangkat  para peserta. 

Inilah hadiah yang akan diberikan oleh pihak LINE pada para pemenang.

Selain Webtoon Contest, LINE juga mengadakan Webtoon Challenge. Pada dasarnya, kedua hal ini memiliki tujuan yang sama, yaitu mencari komikus Indonesia yang tertarik untuk mempublikasikan karyanya secara online. Salah satu hal yang membedakan adalah karena Webtoon Challenge bukan berupa sebuah kompetisi yang dibatasi oleh waktu.

LINE berkata, para komikus yang tertarik untuk mengikuti Webtoon Challenge dapat mengirimkan karya mereka secara online kapan pun, tanpa ada tenggat waktu. Meski LINE tidak memberikan hadiah bagi komikus yang karyanya berhasil masuk, tetapi LINE menyebutkan bahwa para komikus setidaknya akan mendapatkan masukan langsung dari para pembaca.

Selain itu, komikus yang karyanya cukup populer memiliki kesempatan untuk dibina menjadi komikus tetap di LINE Webtoon. Dan komikus tetap ini mendapatkan kompensasi setiap bulannya.

"Target utama kami dengan Webtoon Contest dan Webtoon Challenge adalah komikus yang memang ingin karyanya dipublikasikan dan menganggap hadiah sebagai sekedar bonus," kata Ghina. "Contest dan Challenge juga merupakan bagian dari kampanye kami yaitu Gerakan Kreatif untuk Indonesia'."

LINE pertama kali mengumumkan keberadaan LINE Webtoon Contest dan Challenge di acara Popcon Asia yang diadakan di bulan Agustus lalu.


(ABE)