Industri & Investasi Diharap Masuk Paket Kebijakan Ekonomi Berikutnya

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 15 Sep 2015 15:37 WIB
paket kebijakan ekonomi
Industri & Investasi Diharap Masuk Paket Kebijakan Ekonomi Berikutnya
Kepala Ekonom BTN A. Prasetyantoko (MI/MOHAMAD IRFAN)

‎Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Ekonom PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) A. Prasetyantoko menilai paket kebijakan ekonomi tahap pertama yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengarah ke sektor industri dan investasi.‎ Padahal, kedua sektor tersebut harus diperhatikan demi menopang perekonomian Indonesia.

‎"Salah satu kekurangan dari paket yang kemarin tidak bicara soal industri dan arahnya mau ke mana. Seharusnya sektor industri dan investasi diperhatikan," ungkapnya, ketika ditemui dalam acara 'Berharap Pada RAPBN Nawacita', di Omah Cafe, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Menurutnya, sektor industri merupakan hal yang kompleks karena tidak bisa hanya dilakukan oleh satu kementerian atau lembaga (k/l) saja. Implementasi dan akselerasi kebijakan Presiden Jokowi haruslah benar-benar dirasakan oleh banyak kalangan.

Dalam paket kebijakan ekonomi tahap pertama, sektor industri dan investasi memang tidak secara tegas disebutkan. Namun, Pras, biasa ia disapa, berharap agar paket kebijakan ekonomi tahap selanjutnya bisa melihat kedua hal tersebut.

"Belum ada (investasi) di paket pertama. Tapi ada paket lain, sangat mungkin bisa dimasukkan ke paket lain untuk dua sektor tersebut," tutup dia.



(ABD)