Mensesneg: Kabut Asap Belum Bencana Nasional

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 15 Sep 2015 15:42 WIB
kabut asap
Mensesneg: Kabut Asap Belum Bencana Nasional
Mensesneg Pratikno---Ant/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mengerahkan seluruh energi untuk menangani masalah kabut asap akibat kebakaran lahan di sejumlah titik di Indonesia, terutama di Pulau Sumatera.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, hingga kini Kantor Staf Presiden dan Sekretariat Negara terus memonitor dan menerima laporan dari berbagai kementerian dan lembaga terkait mengenai bagaimana mempercepat penanganan asap.

"Data yang kita peroleh dari Lapan juga menjadi bagian penting untuk penanganan asap. Beruntung di beberapa daerah sudah ada yang hujan. Di Jambi hujan, di Riau sebagian hujan. Itu sudah sangat membantu. Pak Wapres konsen betul persoalan ini bisa ditangani secepat-cepatnya," kata Pratikno  ditemui usai menemui Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta Pusat, Selasa (15/9/2015).

Pratikno mengatakan, pemerintah terus mengawal penanganan di lapangan. Selain pemadaman juga ada penanganan masalah kesehatan dan juga ada dimensi penegakan hukum.

Sejauh ini, kata dia, pemerintah belum melihat kabut asap ini sebagai peristiwa yang urgent. Atau, harus masuk dalam bencana nasional.

"Tidak ada (masuk kategori bencana Nasional). Sampai sekarang ini isunya adalah bagaimana melakukan penanganan secara tepat. Tapi mungkin BNPB barangkali bisa dicek," pungkasnya.


(TII)