Jelang Real Madrid vs Shakhtar

Preview Madrid vs Shakhtar: Tim Tamu Dihantui Catatan Mentereng Madrid

A. Firdaus    •    Selasa, 15 Sep 2015 15:47 WIB
liga champions
Preview Madrid vs Shakhtar: Tim Tamu Dihantui Catatan Mentereng Madrid
Real Madrid berpotensi menang besar kontra Shakhtar Donetsk (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Klub asal Ukraina, Shakhtar Donetsk langsung menghadapi laga berat saat memulai Liga Champions musim 2015-2016. Tak tanggung-tanggung, Shakhtar harus meladeni jawara 10 kali Liga Champions, Real Madrid pada matchday 1 Grup A, Rabu 16 September. Kans Shakhtar meraih poin kecil karena Los Merengues punya catatan gemerlap ketika bermain di kompetisi tertinggi Benua Biru.
 
Faktanya, Madrid punya tradisi selalu menang pada laga pembuka grup. Bahkan, mereka membantai FC Basel 5-1 di Stadion Santiago Bernabeu pada musim lalu. Nyali Shakhtar pantas makin ciut karena Madrid Madrid baru dua kali gagal meraih kemenangan pada laga pembuka.
 
Cristiano Ronaldo dkk menjadi satu-satunya klub yang meraih poin sempurna di fase grup Liga Champions musim lalu. Namun, kesempurnaan Madrid di Stadion Bernabeu rusak karena kalah 3-4 dari Schalke 04 pada babak 16 besar. 
 
Madrid akan memulai Liga Champions 2015--2016 bersama pelatih anyar, Rafael Benitez. Sosok yang selalu tampil cemerlang ketika bermain di kompetisi Eropa. Di antaranya dengan memenangkan Liga Champions bersama Liverpool pada musim 2004-2005, membawa Chelsea juara Liga Europa pada 2012-2013, dan pernah memenangkan Piala UEFA untuk Valencia pada 2003-2004.
 
Selain beberapa catatan rekor yang dimiliki Madrid dan Benitez, ada fakta menarik lainnya dari pertandingan ini yang dirangkum Metrotvnews.com melalui situs resmi UEFA, Selasa 15 September:

Real Madrid

-Madrid satu-satunya tim yang memenangkan 10 gelar Liga Champions.

-Dalam dua musim terakhir, Madrid selalu menyapu bersih kemenangan di laga kandang.

- Catatan10 kemenangan beruntun Madrid di Liga Champions terhenti oleh Schalke pada musim lalu. Schalke yang dilatih oleh Roberto Di Matteo sukses mengalahkan Madrid dengan skor 4-3 di Stadion Bernabeu kala itu.

-Madrid telah menang empat kali dan dua kali imbang di kandang saat melawan klub asal Ukraina. 

-Secara keseluruhan, rekor pertemuan Madrid dengan klub Ukraina adalah lima kali menang, enam imbang, dan sekali menderita kekalahan.

-Ronaldo baru saja menobatkan dirinya menjadi topskorer sepanjang masa El Real dengan 230 gol. Ia mengalahkan legenda Los Blancos, Raul Gonzalez dengan 228 gol.

-Rekor Ronaldo diciptakan ketika melawan Espanyol pada akhir pekan lalu. Eks winger Manchester United tersebut mencetak mencetak quintrick (lima gol) ketika itu.
 
Shakhtar Donetsk
-Runner-up Liga Primer Ukraina ini akan menjalani fase grup Liga Champions untuk ke-11 kalinya.

-Musim lalu mereka disingkirkan Bayern Muenchen di babak 16-besar Liga Champions dengan agregat 0-7.

-Shakhtar mengawali fase grup mereka dengan meraih hasil imbang di Spanyol pada musim lalu. Pasukan Mircea Lucescu tersebut berhasil menahan  Athletic Bilbao tanpa gol.

-Kemenangan pertama Shakhtar musim lalu diraih saat mencukur BATE 7-0.

-Penampilan terbaik Shakhtar di Liga Champions terjadi pada musim 2010-2011. Saat itu mereka mencapai perempatfinal. Mereka disingkirkan Barcelona dengan agregat 1-6.

-Shakhtar dua kali menang, dua kali imbang, dan lima kali kalah saat menghadapi klub Spanyol.
 
-Klub berjuluk Hirnyky  ini sedang on fire. Mereka hanya sekali menelan kekalahan dari 13 pertandingan terakhir di semua kompetisi musim ini.


(HIL)