Hemat Energi, Surabaya Terapkan Green Building

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 15 Sep 2015 16:19 WIB
listrik
Hemat Energi, Surabaya Terapkan <i>Green Building</i>
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. (FOTO: ANTARA/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan sudah banyak bangunan di Surabaya yang sudah menerapkan green building. Hal itu dikatakan lantaran pemerintah telah menerapkannya sebagai salah satu upaya penghematan energi.

"Sudah, jadi kita ada kewajiban untuk setiap gedung perkantoran untuk semua pakai konsep green building," kata Risma, usai diskusi pemanfaatan dan pengelolaan sampah, di Hotel Crown, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Diakui Risma, untuk membangun green building biasanya membutuhkan dana yang cukup besar, sehingga untuk balik modal membutuhkan waktu sekitar tiga sampai empat tahun. Namun demikian, sekali lagi dia menegaskan sebagian besar perkantoran di Surabaya telah menerapkannya.

"Biasa memerlukan investasi green building itu dilakukan investasi mahal. Tapi tiga sampai empat tahun mereka sudah BEP," ujar dia.

Risma mengatakan dirinya sudah mencobanya green building di kantornya. Selain itu dalam enam bulan terakhir pihaknya telah melakukan penghematan, mulai dari menggunakan solar sel sampai menampung air hujan untuk membersihkan kantornya.

"Ada penghematan, ada solar sel. Balai Kota enam bulan. termasuk air, saya menampung air hujan, kemudian kita cleaning, kita gunakan untuk flushing," jelas dia.


(AHL)