Gitaris REO Speedwagon Tutup Usia

Adi Waluyo    •    Selasa, 15 Sep 2015 17:51 WIB
obituari
Gitaris REO Speedwagon Tutup Usia
Gary Richrath (Foto: digitalspy.co.uk)

Metrotvnews.com, Chicago: Mantan gitaris REO Speedwagon Gary Richrath, yang sumbangan lagu dan musikalitasnya menjadi kontributor utama suksesnya REO Speedwagon, telah meninggal dunia pada usia 65 tahun.

Berita kematian Richrath diumumkan secara resmi di halaman Facebook REO Speedwagon.

Sang vokalis Kevin Cronin menyampaikan ucapan belasungkawa. "Saya merasa sangat sedih. Gary adalah gitaris yang unik dan penulis lagu yang hebat, dan perwujudan dari pria yang tangguh dan berhati emas," tulis Cronin.

"Saya belajar sebagian besar dari apa yang saya tahu tentang berada di sebuah band rock dari Gary Richrath. Seluruh keluarga REO berduka atas kematiannya dan larut bersama kesedihan keluarganya, teman-teman, dan penggemar. Kata-kata ini tidak mampu mengungkapkan kedalaman emosi yang saya rasakan saat ini. "

Richrath meninggalkan lineup REO Speedwagon pada tahun 1989, dan hanya merilis satu album solo, Only the Strong Survive (1992). Dia bersatu kembali dengan REO Speedwagon sebentar pada 2013, bergabung dengan mantan rekan segrupnya dalam konser amal untuk membantu warga Illinois yang mengungsi karena rumah mereka rusak dihantam badai.

"(Saat itu) Gary sangat bersemangat ketika berjalan ke ruang ganti. Kami berpelukan satu sama lain, saya mengatakan kepadanya betapa bahagianya saya bahwa ia bisa datang, dan ia mengucapkan terima kasih atas undangannya," tulis Cronin

"Ketika saya memperkenalkan (Gary sebagai) 'orang yang tanpa dirinya, band ini tak akan bisa berada di sini' dan Gary keluar untuk memainkan 'Ridin' the Storm Out,' 7.000 orang penonton langsung menggila. Respon penonton saat itu sungguh membuat kami merinding ... Kami semua merasakannya. Sangat menyenangkan ketika saya melihat ke sebelah kiri dan melihat Richrath bermain dengan sempurna  seperti biasanya. Malam itu rasanya seperti sepanjang masa," tutup Cronin. (Classic Rock)


(AWP)