BRI Miliki 131 Unit Layanan Pasar

   •    Selasa, 15 Sep 2015 17:56 WIB
bri
BRI Miliki 131 Unit Layanan Pasar
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Yana)

Metrotvnews.com, Palembang: BRI Palembang mencatat telah memiliki sebanyak 131 unit layanan pasar teras yang tersebar hampir di setiap pasar di tiga provinsi yakni Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Jambi. Unit layanan pasar ini menjadi penting untuk untuk mempermudah akses pedagang ke perbankan. 

Pimpinan Wilayah BRI Palembang Erdianto Sigit mengatakan, keberadaan Teras BRI ini semakin disadari pedagang pasar sejak mulai diluncurkan pada 2008 dengan ditandai banyaknya pembukaan rekening baru.

"Sejauh ini, perkembangan teras cukup baik dengan semakin banyak pedagang pasar yang memanfaatkannya untuk menabung hingga pengajuan kredit. Di setiap teras terdapat petugas yang disebut mantri, dan mereka inilah yang berhubungan langsung dengan pedagang pasar," kata dia, seperti dikutip Antara, di Palembang, Selasa (15/9/2015).

Ia mengatakan, untuk menabung, Teras BRI ini memberikan layanan menabung dari nominal terendah Rp10 ribu. "Jadi tidak masalah pedagang datang setiap hari, apalagi keberadaannya sudah sangat dekat dengan pedagang karena bersebelahan dengan lapak pedagang," kata Erdianto.

Untuk itu, lanjutnya, tidak ada alasan lagi bagi pedagang untuk memanfaatkan lembaga jasa keuangan ilegal yang marak di pasar-pasar tradisional. "Daripada menabung di bank keliling, lebih baik di bank karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan," jelas dia.

Sementara itu, salah seorang petugas Teras BRI di Pasar Perumnas Palembang Annisa mengatakan setiap hari terdapat satu hingga dua orang nasabah baru yang membuka rekening tabungan. "Teras BRI ini juga bisa digunakan pedagang untuk berkonsultasi mengenai kredit, sementara untuk persetujuan resmi tetap harus diajukan ke kantor unit," pungkas dia.



(ABD)