KKP Tidak Ada Wewenang Cegah Aksi Jual Beli Pulau

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 15 Sep 2015 19:38 WIB
kelautan dan perikanan
KKP Tidak Ada Wewenang Cegah Aksi Jual Beli Pulau
illustrasi. MI/Palce Amalo

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak terkait masalah transaksi jual beli pulau. Kegiatan jual beli pulau seperti pulau-pulau terpencil dan terluar di wilayah Indonesia masih sering terjadi dan melibatkan Warga Negara Asing (WNA). 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengakui bahwa pihaknya tidak bisa bertindak lebih jauh untuk mengatasi kegiatan jual beli pulau ini. Menurutnya hal itu di luar kewenangannya.

"Kalau ada yang menjual dan membeli pulau, kami memang tidak bisa apa-apa," ujar Susi Pudjiastuti saat rapat kerja dengan Anggota Komisi IV DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Menurutnya kewenangan unutk memiliki dan mengelola suatu pulau itu biasanya kewenangan dari Pemerintah Daerah (Pemda). Untuk itu, pihak KKP tidak punya kewenangan untuk melakukan tindakan pencegahan aksi jual beli pulau.

"Pulau itu diatur oleh Pemda. KKP tidak punya wewenang untuk memiliki pulau dan juga tidak punya wewenang untuk menyewakan atau menjual pulau-pulau itu," kata Menteri KKP itu.


(SAW)