PDIP Tegaskan Kursi Tiga Menterinya di DPR Sudah Kosong dari Awal

Deny Irwanto    •    Selasa, 15 Sep 2015 20:23 WIB
PDIP Tegaskan Kursi Tiga Menterinya di DPR Sudah Kosong dari Awal
Sekretaris Jenderal Partai PDIP Hasto Kristiyanto. (MTVN Hardiat Dani Satria)

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan tidak ada rangkap jabatan yang disandang oleh Pramono Hanung, Tjahjo Kumolo dan Puan Maharani.

Sekretaris Jenderal Partai PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan mereka sudah tidak aktif di partai berlambang banteng tersebut.

"Kemarin kita sudah rapat DPP dan menegaskan itu bukan konflik. Ada orang yang mengatakan itulah kita memberikan bantuan kepada negara. Kan dengan tidak atau belumnya Pergantian Antar Waktu (PAW), tidak ada jabatan rangkap. Kita tegaskan tidak ada jabatan rangkap. Tidak ada fasilitas negara atau gaji yang diterima oleh Tjahjo, Puan dan mas Pramono Anung," ucapnya di kantor DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung Barat, Jakarta Selatan, Selasa (15/9/2015).

Hasto menegaskan, PDIP sejauh ini sudah menyiapkan pengganti posisi yang ditinggalkan ketiga Menteri tersebut sebagai anggota DPR RI.

"Dalam waktu dekat kita siapkan cukup, misalnya untuk pengganti ibu Puan Maharani, itu adalah saudara Darmawan Prasodjo. Yang bersangkutan kan menjadi deputi kantor staf kepresidenan. Ini Darmawan kan kuat dalam bidang energi," ujarnya.

Hasto memaparkan, rencana partai akan menyiapkan Darmawan Prasodjo menjadi komisi VII. PDIP memberikan kesempatan kepadanya untuk mencoba sebagai Deputi staf kepresidenan.

"Dimana yang bersangkutan baru kembali dari Amerika. Karena itu minta pertimbangan beliau mau jadi anggota dewan atau melanjutkan menjadi deputi. Sehingga tidak ada konflik," ungkap Hasto.

Hasto juga mengatakan, pengganti Pramono Anung sudah disiapkan, yaitu Eva Sundari. Dia dipilih meskipun suaranya tidak banyak. Tapi demi tugas dan kepentingan partai.

"Kemudian pengganti Tjahjo sudah kita siapkan, yang bersangkutan memiliki talen di kebudayaan, memiliki kelompok kesenian. Yaitu ibu Tuti. Secara praktis PAW tidak ada kendala lagi," ungkapnya.

Hasto kembali menegaskan, tidak ada rangkap jabatan yang disandang oleh Puan, Tjahjo, dan Pramono. Semua fasilitas negara telah dikembalikan setelah ketiganya menjabat sebagai Menteri.

"Yang kami luruskan adalah seolah-olah ada jabatan rangkap. Dimana semua fasilitas negara telah dikembalikan otomatis negara terhambat dengan proses ini. Kami kan menyiapkan sebaiknya, kecuali konfirmasi dengan Darmawan Prasodjo. Ini juga tidak ganggu fraksi. Karena fraksi adalah kerja kolektif kolegial," tandasnya.
(MEL)