Polda Jabar Siapkan Pengamanan Pilkada

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 15 Sep 2015 20:47 WIB
pilkada serentak
Polda Jabar Siapkan Pengamanan Pilkada
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Jelang pemilihan kepala daerah di Jawa Barat, Kepolisian Daerah Jawa Barat mempersiapkan pengamanannya. 

"Semua proses pengamanan dilakukan mulai dari pengamanan Balon (Bakal Calon), rumah, rute kampanye sampai waktunya pemilihan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pudjo Sulistyo, saat dihubungi, Selasa (15/9/2015).

Namun, dia belum bisa menentukan titik mana saja yang rawan konflik. "Titik konflik itu dinamis karena bergerak seiring dengan keberadaan pasangan calon," kata Pudjo.

Yang pasti, kata Pudjo, tim sukses setiap calon harus memberikan jadwal kampanye ke polisi dengan rute jalan yang akan dilalui. Adapun bakal calon akan dikawal tujuh petugas. "Pengawalan dilakukan secara langsung dan pengawalan jalan," ujarnya.

Sebanyak tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat akan melaksanakan pilkada serentak Desember mendatang. Antara lain Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Pangandaran, Kota Depok, dan Kabupaten Cianjur. Kabupaten Tasikmalaya yang seharusnya ikut melaksanakan pilkada tahun ini terpaksa diundur pada 2017 karena kekurangan pasangan calon.


(UWA)