Hutan di Gunung Kebo Terbakar Lagi

Dwi Wianto    •    Selasa, 15 Sep 2015 22:46 WIB
kebakaran hutan
Hutan di Gunung Kebo Terbakar Lagi
Ilustrasi kebakaran. Foto: Antara/Rony

Metrotvnews.com, Trenggalek: Hutan di Gunung Kebo, Trenggalek, Jawa Timur, kembali terbakar. Kobaran api yang diduga berasal dari sisa pembakaran lahan warga itu dengan cepat meluas hingga menghanguskan lebih dari lima haktare kawasan hutan. Kejadian kebakaran hutan di Gunung Kebo ini merupakan kali kedua dalam kurun satu bulan terakhir.

Kebakaran hutan Gunung Kebo di Desa Sambirejo ini terjadi sejak pukul 14.00 WIB. Kondisi hutan yang kering dipenuhi ilalang dan semak-semak belukar, serta kencangnya tiupan angin, membuat api cepat menjalar ke sisi utara gunung.

Dari kejauhan nampak api terus menjalar ke berbagai arah yang membentuk sebuah garis merah. Api terlihat merembet dari atas gunung ke bawah. Tidak nampak ada upaya memadamkan api yang berkobar, baik dari warga maupun petugas Perhutani.

Suroso, salah seorang warga, mengatakan sumber api diduga berasal dari bagian atas gunung. Meskipun belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut, ia menduga api muncul karena ada oknum yang sengaja membakar. "Hingga malam ini api masih menyala dan sulit dipadamkan," kata Suroso, Selasa (15/9/2015).

Sebelumnya, hutan Gunung Kebo juga mengalami kebakaran. Saat itu, kebakaran menghanguskan berbagai jenis tanaman hutan di sisi barat gunung. 

Perhutani mengatakan ribuan hektare kawasan hutan di Trenggalek rawan kebakaran. Beberapa wilayah yang paling rawan di antaranya di Kecamatan Trenggalek, Gandusari, Dongko, Kampak, dan Bendungan.



(UWA)