Emas Hitam Menggeliat Usai Aksi Jual

   •    Rabu, 16 Sep 2015 09:23 WIB
minyak mentah
Emas Hitam Menggeliat Usai Aksi Jual
Ilustrasi minyak mentah. AFP/ANDY BUCHANAN

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak dunia berbalik naik pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena aksi beli para pedagang usai harga minyak merosot tajam.

Harga patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober, naik 59 sen dan ditutup ke USD44,59 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara harga patokan global atau Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober, naik 26 sen serta menetap di USD46,63 per barel di London ICE Future Exchange. Demikian dilansir dari Xinhua, seperti dikutip Antara, Rabu (16/9/2015).

Badan Informasi Energi AS (EIA) akan merilis data persediaan minyak untuk pekan lalu pada Rabu. Pedagang memperkirakan stok meningkat untuk minggu ketiga berturut-turut. Pasar minyak menyambut keuntungan di pasar saham AS pada Selasa. Para pedagang terus memantau pertemuan kebijakan dua hari Federal Reserve dijadwalkan dimulai pada Rabu.

Beberapa analis berpendapat data-data lemah terbaru bisa memberikan Fed alasan untuk menunda kenaikan suku bunganya pada bulan ini. Sementara itu, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) memproduksi minyak mentah rata-rata 31,54 juta barel per hari, menurut laporan pasar minyak bulanan OPEC yang dirilis Senin.

Pasokan minyak non-OPEC diperkirakan akan tumbuh sebesar 0,88 juta barel per hari pada 2015, menyusul revisi turun sekitar 72.000 barel per hari, karena produksi yang lebih rendah dari perkiraan di Amerika Serikat. Pada 2016, pasokan minyak non-OPEC diperkirakan akan meningkat sedikit sebesar 0,16 juta barel per hari.


(AHL)