TNI AL Tangkap Tongkang Pengangkut TKI Ilegal

Catur Hariono    •    Rabu, 16 Sep 2015 10:19 WIB
tki ilegal
TNI AL Tangkap Tongkang Pengangkut TKI Ilegal
Foto ilustrasi. (Antara/M Rusman)

Metrotvnews.com, Tanjung Balai: TNI Angkatan Laut menangkap sebuah kapal tongkang yang membawa 23 tenaga kerja indonesia (TKI) ilegal di perairan Tanjung Jumpul, Asahan, Sumatera Utara. Satu orang di antaranya balita.

Usai ditangkap, seluruh penumpang kapal yang merupakan TKI ilegal langsung dibawa ke Kantor Imigrasi Tanjung Balai untuk didata. Mereka terdiri dari 17 laki-laki, lima perempuan, dan seorang balita.

"Dari seluruh penumpang kapal yang diamankan, hanya enam orang yang memiliki paspor," ujar Baharuddin, Kasi Pengawasan dan Keimigrasian Kantor Imigrasi Tanjung Balai, Rabu (16/9/2015). Sementara belasan TKI lainnya tidak memiliki dokumen keimigrasian.

Para TKI ditangkap saat hendak kembali ke Tanah Air. TKI ilegal tersebut diduga keluar-masuk Malaysia melalui jalur 'tikus'. Dari hasil pemeriksaan, mereka tidak hanya berasal dari sejumlah daerah di Sumatera Utara. Namun, ada juga yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Manado, Sulawesi Utara.

"Setelah didata dan diberi pengarahan, mereka akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing," tambah Baharuddin. Sementara itu, nakhoda kapal masih menjalani pemeriksaan oleh aparat TNI AL.


(SAN)