Pasar Karang Anyar Dibongkar, Pedagang Pasrah

Deny Irwanto    •    Rabu, 16 Sep 2015 11:42 WIB
penggusuran pasar
Pasar Karang Anyar Dibongkar, Pedagang Pasrah
Petugas membongkar Pasar Karang Anyar,--Foto: MTVN/Denny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta membongkar Pasar Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Pembongkaran dilakukan sejak pukul 09.30 WIB.

Pantauan di lokasi, Rabu (16/9/2015), puluhan petugas kebersihan bahu membahu mengangkut material bekas lapak para pedagang ke atas mobil truk.

Saat pembongkaran tidak ada perlawanan pedagang. Mereka pasrah lapak-lapak jualan dibongkar. Pembongkaran mendapat pengawalan ketat dari puluhan aparat Satpol PP.

"Tidak ada penolakan, karena ini kan jalan umum," ujar Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede di lokasi pembongkaran, Jalan Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Mangara menjelaskan, sebelum membongkar pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang. Namun, tak semua pedagang mengindahkannya rencana pembongkaran.

"Sosialisasi sudah lah, tapi lihat saja ini," kata Mangara seraya mengecek lokasi.

Hal serupa dikatakan Ketua RT 001 Pasar Karang Anyar, Eni, 60. Menurut dia, pihak kelurahan sudah menyosialisasikan jauh-jauh hari. Tidak ada relokasi pedagang, hanya penertiban bangunan yang menyalahi aturan.

"Warga di sini enggak ada masalah. Kita juga sudah diberi sosialisi oleh Pak Lurah bahwa ada penataan bangunan. Saya setuju, biar enggak banjir," ujar dia.

Senin (14/9/2015) lalu, puluhan pedagang yang berjualan di Jalan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, menyerbu Balai Kota. Mereka menolak digusur paksa.

"Kami menolak penggusuran pedagang Pasar Karang Anyar sampai ada solusi antara kedua belah pihak," kata Sukandar, koordinator pedagang Karang Anyar, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Pedagang tidak menolak dipindahkan. Tapi caranya harus baik-baik. Pedagang meminta dipindah ke tempat yang layak dan tak terlalu jauh dari tempat mereka berdagang sekarang.

Seperti diberitakan, ada sekitar 236 kios yang berada di atas saluran air Pasar Karang Anyar. Para pedagang didominasi berjualan sayuran dan bumbu masak.


(MBM)