Pria Bangun Replika Taj Mahal Senilai Rp1,7 M

Willy Haryono    •    Rabu, 16 Sep 2015 12:05 WIB
peristiwa unik
Pria Bangun Replika Taj Mahal Senilai Rp1,7 M
Faizul Hasan Quadri asal India membangun replika Taj Mahal untuk mendiang istrinya di Uttar Pradesh, India. (Foto: Caters)

Metrotvnews.com, Uttar Pradesh: Seorang pria berusia 80 tahun membangun replika raksasa bangunan bersejarah Taj Mahal di kebunnya di India. Ia ingin orang-orang mengingat replika itu sebagai tanda penghargaan untuk mendiang istrinya.

Replika yang dibuat dengan marmer putih ini menelan biaya cukup tinggi, yakni sekitar Rp1,7 miliar untuk membuatnya. Faizul Hasan Quadri menggunakan tabungan yang dikumpulkan semasa hidupnya untuk membangun replika Taj Mahal di desa kecil di Kaser Kalan, negara bagian Uttar Pradesh, India.

Seperti dikutip Mirror.co.uk, Selasa (15/9/2015), Faizul memutuskan membuat mini Taj Mahal setelah istri tercintanya Tajamulli, yang ia nikahi selama 53 tahun, meninggal karena kanker tenggorokan.

Karena tidak memiliki anak, Faizul memutuskan mengikuti jejak Kaisar Mughal Shah Jahan, yang menciptakan Taj Mahal sebagai monumen cinta untuk istrinya di tahun 1632.

Tapi setelah tiga tahun pembangunan, Faizul menghadapi tantangan keuangan dalam menyelesaikan hadiah yang paling berharga untuk istri terakhirnya.

Jasad istri Faizul dikuburkan di tamannya, di lokasi yang kemudian berdiri replika Taj Mahal. 

Faizul sempat didekati pejabat pemerintah negara bagian untuk bantuan dana. Namun, ia dengan sopan menolaknya dan hanya ingin menggunakan uang pribadi. (Nabila Gita)


(WIL)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

52 minutes Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA