Preview AS Roma vs Barcelona: Waspada Trio MSN!

Achmad Firdaus    •    Rabu, 16 Sep 2015 12:37 WIB
<i>Preview</i> AS Roma vs Barcelona: Waspada Trio MSN!
Selebrasi Lionel Messi usai membobol gawang AS Roma di ajang Joan Gamper Trophy (Foto: AP Photo/Francisco Seco)

Metrotvnews.com, Jakarta: AS Roma akan menjamu Barcelona pada laga pembuka penyisihan Grup E Liga Champions 2015--2016, Kamis 17 September dini hari nanti WIB. Siapa pemenangnya?

Di atas kertas, Barcelona jelas lebih diunggulkan untuk keluar sebagai pemenang meski laga bakal dihelat di kandang Roma, Stadio Olimpico. Pasar taruhan lebih manjagokan Blaugrana lantaran Lionel Messi adalah juara bertahan musim lalu dan memiliki skuat yang mentereng.

Barca juga datang dengan moral yang bagus. Luis Enrique kembali ke Roma dengan modal kemenangan atas salah satu lawan tangguh, Atletico Madrid di pentas La Liga yang sekaligus menjaga rekor 100 persen menang mereka dari tiga laga musim ini.

Nostalgia karena pernah melatih Roma (2011--2012) memang akan mengemuka. Namun, Enrique menegaskan bahwa membawa pulang tiga poin adalah satu-satunya hal yang ada di pikirannya.

"Saya kembali ke Roma dengan lebih banyak pengalaman. Ini memang akan jadi laga spesial buat saya, tapi itu tidak akan berpengaruh karena kami datang untuk memulai Liga Champions dengan kemenangan," tegas Enrique dalam konferensi pers sebelum laga.

Untuk memuluskan ambisinya tersebut, Enrique sudah menyiapkan pasukan terbaiknya. Trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar da Silva) pastinya akan jadi andalan di lini depan.

Kebetulan, ketiganya sudah menunjukkan kerjasama brilian saat menang 1-2 atas Atletico Madrid, akhir pekan lalu. Baik Messi, Neymar, dan Suarez mampu bekerja sama dengan baik, tidak terpaku pada siapa yang bertugas mencetak gol dan siapa pemberi umpan. Dengan apik, mereka mampu bertukar peran sebagai pengumpan atau pun goal getter.

Kubu Roma khususnya lini pertahanan jelas harus mewaspadai ancaman trio MSN. Kostas Manolas harus bisa memimpin rekan-rekannya untuk menutup setiap ruang, dan yang paling penting meminimalisir kesalahan sekecil-kecilnya.

Pelatih Rudi Garcia juga sudah mewanti-wanti anak asuhnya untuk bermain fokus dan disiplin di laga ini. Sebab, menurutnya hal inilah yang membuat Roma bisa menang atau setidaknya mencuri poin dari sang juara bertahan.

"Mereka adalah juara Eropa. Jika mereka bukan yang terbaik, maka mereka adalah salah satu yang terbaik. Kami harus bermain dengan kerendahan hati dan ambisi," kata Garcia dalam konferensi pers jelang laga.

Untuk bisa menang di laga ini, Garcia sudah menyiapkan formula terbaik di lini depan. Pelatih asal Prancis ini kemungkinan bakal mengandalkan kecepatan Mohamed Salah dan Gervinho untuk mendukung kinerja Edin Dzeko sebagai juru gedor.

Menilik rekor pertemuan, Roma dan Barcelona baru dua kali bentrok di pentas Eropa yang pada Liga Champions edisi 2001--2002. Di laga tersebut, Barca harus puas bermain imbang 1-1 pada leg pertama di Camp Nou, dan kalah 3-0 saat bertandang ke Olimpico. Saat itu, Enrique masih bermain untuk Blaugrana.

Namun, Barcelona berhasil membalasnya pada laga pramusim bertajuk Joan Gamper Trophy, awal Agustus lalu. Bertempat di Camp Nou, El Azulgrana sukses melumat Roma dengan skor 3-0. Well, bagaimana dengan kali ini?

Perkiraan Pemain:
Roma:
Szczesny; Florenzi, Rudiger, Manolas, Digne; Nainggolan, De Rossi, Keita; Salah, Dzeko, Gervinho.

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Mathieu, Mascherano, Alba; Iniesta, Busquets, Rakitić; Neymar, Messi, Suárez.

Head to head:
(06/08/15) Uji coba: Barcelona 3 - 0 Roma
(26/02/02) Liga Champions: Roma 3 - 0 Barcelona
(20/02/02) Liga Champions: Barcelona 1 - 1 Roma
(ACF)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

15 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA