Dana Asing Tetap Keluar Meski Dikaitkan Rasa Nasionalisme

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 16 Sep 2015 12:51 WIB
bei
Dana Asing Tetap Keluar Meski Dikaitkan Rasa Nasionalisme
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rendhik Andika)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) tampaknya tetap tidak bisa menahan keluarnya dana asing dari Tanah Air. Bahkan, dana asing akan tetap keluar meski dikaitkan dengan rasa nasionalisme terhadap Indonesia.

"Ini bicara nasionalisme. Kita tahu dana asing, tidak punya warga negara, jadi kapan saja bisa keluar masuk, kita tidak bisa tahan," kata Direktur Pengembangan BEI Hosea Nicky Hogan, ketika ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Rabu. (15/9/2015).

Ia berpendapat, selama pergerakan transaksi di pasar saham di Tanah Air masih dalam kondisi wajar dan investor dalam negeri masih kuat maka keluarnya dana asing sewajarnya tidak usah terlalu dipedulikan.

Apalagi, lanjutnya, turunnya jumlah transaksi harian terjadi bukan karena tengah menunggu melainkan pelaku pasar (investor) lebih teliti dalam memilih saham mana yang akan dibeli. "Saham mana akan dibeli. Bukan wait and see. Transaksi harian turun 50 persen. Setelah the Fed naikkan suku bunga maka ada kepastian. Kalau sudah ada, kita yakin transaksi harian meningkat," jelas dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sebanyak 400 ribu investor yang ada di pasar modal Indonesia tercatat ada sepertiga dari total tersebut aktif yang melakukan perdagangan saham di pasar modal Indonesia. "Tambah‎ investor baru lokal yang akan menahan sendiri," tutup dia.


(ABD)