Terkait Kekerasan Seksual, WCC: Kondisi Nyaman Sulit Ditemukan

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 16 Sep 2015 12:58 WIB
kekerasan seksual anak
Terkait Kekerasan Seksual, WCC: Kondisi Nyaman Sulit Ditemukan
Ilustrasi stop kekerasan pada anak, Ant

Metrotvnews.com, Cirebon: Angka kekerasan seksual di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, meningkat. Sejak Januari hingga Agustus 2015, Women Crisis Center (WCC) Mawar Balqis mendapat 57 laporan kasus kekerasan seksual. 

"Sedangkan tahun lalu di periode yang sama, hanya 39 kasus yang dilaporkan ke kami," ujar Saadah, Koordinator program WCC Mawar Balqis, Rabu (16/09/2015).

Mirisnya, sebagian besar pelaku kekerasan seksual merupakan orang yang dikenal dekat dengan korban. Misalnya keluarga, kenalan, pacar, dan tetangga. Diduga, fakta itu yang membuat korban enggan melaporkan kasus itu ke kepolisian.

"Pelakunya bisa pacar, bapak, paman maupun tetangga. Bisa dikatakan, kondisi nyaman di lingkungan korban sudah sulit ditemukan,"ungkap Saadah.

Di lain tempat, Kepala Bidang Peningkatan Hidup Perempuan BPPKB Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni, mengaku mendapat 35 laporan kekerasan seksual pada anak.  "Semuanya (korban) anak di bawah umur dan pelakunya mayoritas adalah orang terdekat," ujar Eni.

BPPKB pun melakukan penyuluhan di setiap desa dan kecamatan untuk mengantisipasi penambahan jumlah korban. 

"Kami juga menggandeng Majlis taklim untuk ikut mensosialisikan masalah ini. Kami juga meminta bantuan dari masyarakat untuk ikut mencegah Dan melaporkan Jika ada kasus di wilayahnya," ujar Eni.


(RRN)