Presiden Setuju Blacklist Pelaku Pembakaran Hutan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 16 Sep 2015 13:30 WIB
asap
Presiden Setuju <i>Blacklist</i> Pelaku Pembakaran Hutan
Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan----Ant/Rivan

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan memastikan Presiden Joko Widodo setuju dengan tindakan tegas yang akan diberikan kepada perusahaan dan pengusaha yang membakar hutan. Tindakan tegas ini berupa pemberian daftar hitam atau blacklist kepada pelaku pembakaran.

"Kita akan memblacklist perusahaan dan pemilik yang melakukan pembakaran tadi. Nama-namanya sudah ada dan Presiden sudah setuju," kata Luhut di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2015).

Kejadian ini, kata dia, telah menyebabkan ribuan masyarakat terkena penyakit, lantaran terdampak bencana kabut asap. "Kabut ini mengakibatkan beberapa ribu rakyat kita susah," ucap dia.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menambahkan, pemberian sanksi tegas berupa blacklist kepada perusahaan dan pengusaha yang melakukan pembakaran hutan merupakan instruksi langsung Presiden Joko Widodo.

"Apa pun kebakarannya, perintah Presiden kalau ada unsur kesengajaan ya diblacklist. Harus menindak tegas," kata dia.

Saat ini, Mabes Polri telah menetapkan 126 tersangka, serta mengungkapkan keterlibatan 24 perusahaan dalam kasus pembakaran hutan ini.

Sebelumnya, Luhut Panjaitan mengatakan keputusan pemerintah memberikan blacklist ini untuk mengganjal perusahaan dan pengusaha yang melakukan pembakaran hutan ini dalam mengajukan izin usaha. Luhut menegaskan, pemerintah tidak akan ada kompromi terhadap kasus pembakaran hutan.


(TII)