Jelang Idul Adha, Luhut Klaim Tolikara Kondusif

Intan fauzi    •    Rabu, 16 Sep 2015 13:30 WIB
Jelang Idul Adha, Luhut Klaim Tolikara Kondusif
Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan,--Foto: MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan mengklaim keadaan di Tolikara, Papua, aman menjelang Perayaan Idul Adha pada 24 September mendatang. Hal itu sudah dikonfirmasi kepada Menteri Dalam Negeri dan Kapolda Papua.

"Soal Tolikara tadi Pak Mendagri (Tjahjo Kumolo) bilang kalau semua dalam kondisi aman," jelas Luhut di Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2015).

Ia menambahkan, "Keadaan kondusif enggak ada ancaman, tadi juga bicara sama Kapolda semua terkendali dengan baik."

Luhut yakin perseturuan yang terjadi pada saat Idul Fitri lalu diyakini tak terjadi lagi. Kedua pihak berseteru telah menyadari pentingnya keamanan saat Idul Adha nanti.

"Semua, kedua belah pihak juga menyadari itu juga penting dilakukan dengan aman," ujar Luhut.

Luhut menjelaskan, dana rehabilitasi dari pemerintah pusat sebesar Rp14,7 miliar untuk membenahi bangunan pascakerusuhan Tolikara sedang dalam proses. Direncanakan saat Idul Adha akan dilakukan acara serah terima.

"Dana untuk pembangunan rehabilitasi dari kios-kios Rp14,7 miliar dalam proses, nanti Idul Adha tanggal 24 September 2015 akan ada acara serah terima," terangnya.
(MBM)