Ini Mengapa Perwira Polisi Bisa Jadi Pejabat di KPK

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 16 Sep 2015 14:05 WIB
kpk
Ini Mengapa Perwira Polisi Bisa Jadi Pejabat di KPK
Kombes Aris Budiman dan Kombes Setiadi saat dilantik-----Ant/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik dua perwira menengah (Pamen) Polri sebagai pejabat di lembaga antirasywah. Padahal, hubungan KPK dan Polri sempat memanas.

Pelaksana Tugas Pimpinan KPK Johan Budi menjelaskan alasan di balik pelantikan Kombes Aris Budiman dan AKBP Setiadi. Menurut Johan, keduanya telah melewati seleksi ketat pengisian jabatan kosong di KPK.

"Dari Kejaksaan, dari Kepolisian, dari umum juga ada. Pesertanya juga banyak. Yang masuk juga 12, yang wawancara tinggal empat, dan yang terpilih mereka," kata Johan di Gedung KPK, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2015).

Menurut Johan, KPK tak mempersoalkan latar belakang pekerjaan sebelum merekrut seseorang. Pasalnya, mereka harus mengikuti bermacam seleksi sebelumnya menduduki jabatan di lembaga antikorupsi.

"Makanya tadi Pak Ruki (Ketua KPK Sementara Taufiequrachman Ruki) tahu berapa kekayaannya, bagaimana perjalanannya. Itu dikroscek dulu. Mereka diseleksi melalui konsultan independen, bukan KPK, termasuk trackingnya," papar Johan.

Dari hasil seleksi, kata dia, pimpinan KPK yakin Aris dan Setiadi bisa bekerja dengan baik. Taufiequrachman Ruki Cs sudah menaruh kepercayaan kepada keduanya.


(TII)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

15 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA