AS Ingatkan Rusia bahwa Assad Tidak Ikut Perangi ISIS

Willy Haryono    •    Rabu, 16 Sep 2015 14:10 WIB
isis
AS Ingatkan Rusia bahwa Assad Tidak Ikut Perangi ISIS
Asap dari serangan udara di kota Douma, Suriah. (Foto: AFP / Abd Doumany)

Metrotvnews.com, Washington: Amerika Serikat (AS) mengingatkan Rusia bahwa Presiden Suriah Bashar al-Assad tidak memiliki peran apapun dalam perjuangan koalisi global melawan kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan kepada Menlu Rusia Sergei Lavrov untuk mengubah kebijakannya terkait memperkuat keberadaan militer di Suriah. 

"Menlu Kerry menegaskan dukungan Rusia terhadap Presiden Assad berisiko memperlebar konflik, dan mengganggu tujuan memerangi ekstremisme," tulis Kemenlu AS, seperti dikutip AFP, Selasa (15/9/2015). 

Menurut Kerry, tidak ada solusi militer dalam menyelesaikan seluruh konflik di Suriah. Satu-satunya jalan adalah melalui transisi politik, dengan menyingkirkan Assad dari kursi pemerintah Suriah. 

Kerry meminta Lavrov untuk berbalik mendukung koalisi dan membantu menghabisi ISIS di Suriah. "AS akan menyambut baik peran konstruktif Rusia dalam upaya melawan ISIS," lanjut pernyataan Kemenlu AS. 

AS dan sekutunya membombardir ISIS di Suriah dan mendukung pemberontak moderat yang beraksi dalam pertempuran darat. AS bersikukuh pemerintah Suriah adalah bagian dari masalah terorisme dan ekstremisme yang kian merajalela.


(WIL)