Liga Champions 2015-2016

Preview Chelsea vs Maccabi Tel Aviv: Ambisi The Blues Menghapus Noda Hitam

A. Firdaus    •    Rabu, 16 Sep 2015 14:16 WIB
Preview Chelsea vs Maccabi Tel Aviv: Ambisi <i>The Blues</i> Menghapus Noda Hitam
Para pemain Chelsea sedang menjalani latihan jelang menghadapi Maccabi Tel Aviv (foto:AFP PHOTO / GLYN KIRK)

Metrotvnews.com, London: Chelsea menatap Liga Champions dengan tren yang kurang bagus. London Biru mengalami start terburuk dalam 29 tahun terakhir ketika hanya bisa meraih satu kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali menelan kekalahan. Bisakah hasil minor itu ditanggalkan skuat Jose Mourinho di Liga Champions?

Peluangnya cukup besar buat The Blues meraih kemenangan. Selain bertanding di Stamford Bridge, Chelsea juga punya rangkaian positif saat laga perdana di fase grup Liga Champions.

Sejauh ini dari 14 partisipasi mereka di fase grup selalu berjalan baik. Chelsea menang delapan kali dan tiga kali imbang. Meski begitu, mereka sempat kalah di kandang ketika menjamu FC Basel 1893 pada 2013.

Meski punya rekor bagus di fase grup, Mourinho enggan meremehkan lawannya yang berasal dari Israel, Maccabi Tel Aviv. Bahkan ia harus mempelajari permainan lawan demi bisa meriah hasil positif.

“Kami tidak bisa tersenyum lebar, tertawa, dan bercanda, ketika orang lain sukses atas pencapaian mereka. Saya berjanji kami akan berlatih semaksimal mungkin. Para pemain saat ini frustrasi dan tak bahagia,” ucap Mourinho mengutip situs resmi UEFA.

“Saya sangat menghormati Maccabi dan saya telah banyak menonton permainan mereka. Saya telah mempelajarinya, saya tahu tim tersebut. Saya juga tahu informasi itu sejak pekan lalu,” terangnya.

Dari strategi permainan yang kemungkinan bakal diturunkan Chelsea, mereka akan mengandalkan trio gelandang serang yang diisi Pedro Rodriguez, Willian, dan Eden Hazard. Trio yang membantu Loic Remy membobol gawang klub Israel tersebut. Sementara Radamel Falcao diragukan turun karena cedera tendon.

Di bawah mistar gawang, Mourinho harus melupakan sejenak untuk memasang Thibaut Courtois. Kiper internasional Spanyol itu harus menepi karena cedera lutut dan akan digantikan Asmir Begovic yang tak kalah sigapnya dalam menepis ancaman yang datang.

Di sisi lain, Maccabi coba menatap realistis pertandingan ini. Meski berstatus juara Liga Israel dan berada di pot 1 pada pengundian lalu, namun tak serta merta mereka bakal diunggulkan.

Yang bisa menjadi motivasi besar untuk bisa mengecewakan The Blues adalah motivasi dari sang pelatih, Slaviša Jokanović. Pelatih berusia 47 tahun itu ternyata pernah merumput bersama Chelsea pada musim 2000-2002.

“Ini momen yang bagus buat saya, kembali ke tempat di mana pernah menjadi rumah saya. Saya juga pernah di sini (sebagai pelatih Watford). Saya punya memori bagus musim lalu di Inggris, tapi sekarang saya fokus dengan apa yang ada di depan saya,” terang Jokanovic.

“Saya bangga bisa di sini dengan Maccabi. Kami di sini menemukan apa level kami, mencapai level bagus musim lalu. Saya akan menikmati momen ini, kesempatan ini menjadi ujian buat saya. Kebanggaan lain adalah, setelah 11 musim Maccabi kembali ke kompetisi ini,” tegasnya.

Baik Chelsea maupun Maccabi belum pernah bersua. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah buat kedua pelatih, terutama Mourinho yang ingin menghapus noda hitam di atas kertas biru milik The Blues.

Perkiraan Formasi:
Chelsea:
Begović; Azpilicueta, Terry, Cahill, Baba; Matić, Fàbregas; Willian, Pedro Rodríguez, Hazard; Rémy.

Maccabi Tel Aviv: Rajković; Shpungin, Ben Haim I, Tibi, Ben Harush; Igiebor, Alberman, Mitrović, Miha, Ben Haim II; Zahavi.
(ACF)