JK Belum Tahu Saudi Beri Santunan untuk Korban Crane

Dheri Agriesta    •    Rabu, 16 Sep 2015 14:19 WIB
crane jatuh di arab saudi
JK Belum Tahu Saudi Beri Santunan untuk Korban <i>Crane</i>
Wakil Presiden Jusuf Kalla-----Ant/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla belum tahu kabar Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz memberikan santunan kepada seluruh keluarga calon haji yang meninggal dan cacat seumur hidup serta yang mengalami luka akibat kecelakaan crane di Mekkah. Angka yang diberikan yakni sebesar SR1 juta atau sekitar Rp3,8 miliar.

"Saya belum tahu itu. Tapi, Alhamdullilah. Kita tetap berterima kasih atas santunan itu," kata JK di kantor Kementerian Pertanian, Jalan R.M. Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2015).

JK menyebut, berapa pun angka yang diberikan pemerintah Saudi tak akan dapat mengganti nyawa yang melayang. Tapi, pemerintah tetap berterima kasih dengan niat baik pemerintah Saudi.

Setidaknya, kata dia, uang itu bisa dimanfaatkan anggota keluarga yang ditinggalkan. "Untuk menenangkan keluarga dan anak-anak yang kehilangan orang tua," kata JK.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz menyampaikan belasungkawa terhadap korban insiden crane di Masjidil Haram beberapa waktu lalu. Sebagai bentuk pertanggungjawaban, pemerintah Arab Saudi memberikan santunan bagi korban, baik yang meninggal dunia maupun luka-luka.

Dilansir situs Al-Madina, santunan yang diberikan Raja Salman dibagi dalam tiga kategori. Korban meninggal, Raja memberikan santunan sebesar SR1 juta atau setara dengan Rp3,8 miliar dan SR1 juta lagi untuk korban dengan cacat seumur hidup. Sementara bagi korban luka-luka, Raja memberikan santunan sebesar SR500 ribu atau setara dengan Rp1,9 miliar.


(TII)