Mandiri dan BSM Resmi Luncurkan Simpanan Pelajar

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 16 Sep 2015 16:14 WIB
bank mandiri
Mandiri dan BSM Resmi Luncurkan Simpanan Pelajar
Peluncuran Simpanan Pelajar (Simpel) (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Mandiri bersama Bank Syariah Mandiri (BSM) mengenalkan Simpanan Pelajar (Simpel) sebagai upaya mendorong budaya menabung sejak dini bagi pelajar. Dengan Simpel, diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya menabung.

Peluncuran Mandiri Simpanan Pelajar dilakukan oleh Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Ariyanto, Direktur Utama BSM Agus Sudiarto dan Dewan Komisioner OJK bidang Pengawasan Perbankan Nelson Tampubolon serta Dewan Komisioner OJK bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono.
 
Sulaiman A. Ariyanto menjelaskan, produk tabungan ini menyasar para peserta didik mulai jenjang PAUD hingga SMA dan Pondok Pesantren. Sedangkan Bank Mandiri telah bekerja sama dengan 63 sekolah untuk mendukung pengembangan Simpanan pelajar ini.
 
"Budaya menabung sangat penting untuk dikenalkan sejak dini. Tujuannya agar para pelajar dapat mengendalikan diri dan bijak dalam membelanjakan uang yang dimiliki," kata Sulaiman, di Hall Basket Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2015).
 
Dirinya menambahkan, data statistik menunjukkan bahwa jumlah pelajar SD hingga SMA mencapai 20 persen dari total populasi di Indonesia. Kondisi tersebut merupakan peluang untuk meningkatkan inklusi keuangan yang masih sangat besar.
 
"Produk Mandiri Simpanan Pelajar ini merupakan salah satu layanan untuk memancing minat pelajar dalam menabung. Pasalnya, karakteristik dan fiturnya telah disesuaikan dengan kebutuhan para pelajar," jelas dia.
 
Lebih lanjut Sulaiman menjelaskan, sebagai tahap awal, Bank Mandiri akan mengembangkan Simpel di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Untuk selanjutnya secara bertahap produk Simpel akan dikembangkan ke berbagai wilayah Indonesia. Melalui produk Simpel ini, Bank Mandiri juga berharap dapat mendorong kenaikan simpanan dalam bentuk dana murah. 

Hingga akhir Juni 2015, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Mandiri mencapai Rp654,9 triliun. Dari jumlah tersebut, total dana murah yang berhasil dikumpulkan Bank Mandiri sebesar Rp403,9 triliun atau tumbuh 16,9 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.


(ABD)