Ini Langkah Kementan Stabilkan Harga Ayam

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 16 Sep 2015 16:54 WIB
daging ayamkementan ads
Ini Langkah Kementan Stabilkan Harga Ayam
Mentan Amran Sulaiman (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) telah mengambil beberapa langkah guna memperbaiki harga ayam di tingkat peternak. Harga ayam saat ini masih berada di bawah Harga Pokok Produksi (HPP) sekitar Rp15 ribu per kilogram (kg) dari Rp17 ribu per kg.

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menjelaskan, beberapa langkah yang telah diambil oleh pihaknya bertujuan untuk menstabilkan kembali harga ayam yang sempat mengalami fluktuasi dalam satu bulan terakhir yang membuat petenak ayam menjerit.

"Kita sudah rapat maraton dua minggu ini bersama peternak kecil," ujar Amran Sulaiman, saat ditemui di Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Rabu (16/9/2015).

Mentan mengungkapkan naik turunnya harga ayam dalam jangka waktu yang singkat seperti yang terjadi saat ini telah merugikan peternak besar dan peternak kecil. Untuk itu, pihaknya sepakat untuk memperbaiki masalah ini.

"Tiga minggu lalu harga naik, sekarang turun. Sekarang sudah ketemuan antara petenak kecil dan besar bahwa ada kesepakatan kita jaga harga," jelas Mentan.

Dirinya juga menambahkan dalam mengatasi surplus produksi ayam sebesar 18 juta ekor per minggu, pihaknya bersama para peternak dan pengusaha telah sepakat untuk memusnahkan enam juta ekor bibit ayam guna mengurangi suplai ayam.


(ABD)