Kurangi Kolesterol dengan Konsumsi Multivitamin

Putu Radar Bahurekso    •    Rabu, 16 Sep 2015 19:48 WIB
kesehatankolesterol
Kurangi Kolesterol dengan Konsumsi Multivitamin
multivitamin alami bisa menghalau kolesterol. (Foto:expertbeacon.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda pasti sudah tahu bahwa kolestrol sangat berbahaya bagi tubuh, terutama jika kolesterol jahat berlebih mengendap dalam tubuh. Ada berbagai macam penyakit yang bisa ditimbulkan seperti jantung hingga stroke.

Ada beberapa cara untuk menghindari kolesterol seperti membatasi asupan makanan yang mengandung kolesterol lebih seperti santan dan lemak. Selain itu, olahraga dan diet adalah cara termudah untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

“Olahraga minimal setengah jam sehari, melalui olahraga kolestrol tubuh juga akan berkurang. Kemudian diet dan mengurangi berat badan juga membantu mencegah kolestrol berlebih,” ujar Djoko Maryono, Dokter Spesialis Penyakit Jantung dan Kardiologis Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta, Rabu (16/9/15).

Selain olahraga dan diet, perlu juga untuk mengonsumsi multivitamin yang berbahan alami. “Mengonsumsi multivitamin juga bagus, tapi yang berbahan dasar alami jangan yang terbuat dari bahan-bahan kimia karena bisa berbahaya dan memberikan efek samping negatif,” ucap Djoko.

Kolestrol tidak hanya berasal dari makanan yang dimakan saja, genetik juga menjadi faktor seseorang memiliki tingkat kolestrol yang tinggi.

“Coba dicek kalau ada keluarga yang terkena penyakit yang merupakan efek dari kolestrol bisa jadi kalian juga punya kolestrol tinggi tapi itu semua kan tergantung probabilitas. Tapi, tak ada salahnya kalau diperiksa,” saran Djoko.

Dokter Djoko juga menjelaskan bahwa keberadaan kolestrol dalam tubuh tidak bisa dirasakan tapi dapat dideteksi hanya dengan melakukan tes darah.

“Untuk melakukan cek darah sebaiknya setelah umur 25 tahun kalian melakukan cek darah setahun dua kali,” pungkasnya.


(LOV)