Sakit Parah, TKI Sugiayem Dipulangkan dari Taiwan

Tri Kurniawan    •    Rabu, 16 Sep 2015 20:04 WIB
tkikemenaker ads
Sakit Parah, TKI Sugiayem Dipulangkan dari Taiwan
Sugiayem sakit parah. Foto: dok Kemenaker

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah memulangkan Sugiayem, 36, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Selama ini, Sugiayem sakit parah dan dirawat di Rumah Sakit Tao Yuan, Taiwan.

"Sesuai dengan permintaan TKI dan keluarganya, maka pemerintah memulangkan TKI Sugiayem ke Tanah Air. Ini salah satu bentuk pelayanan dan perlindungan negara bagi TKI yang bekerja di luar negeri," kata Direktur Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri (PTKLN) Kementerian Ketenagakerjaan Soes Hindharno, Rabu (16/9/2015).

Soes mengatakan Sugiayem pulang ke Tanah Air pada Selasa 15 September, menggunakan pesawat Eva Air nomor penerbangan BR 231. Pesawat berangkat dari Taoyuan Airport pukul 18.30 dan tiba di Bandar Udara Juanda, Surabaya, pukul 22.35 WIB.

“Pemulangan TKI ini dapat dilakukan setelah semua prosedur kepulangan terpenuhi. Kami juga mempertimbangkan aspek medis dan menunggu kondisi kesehatannya stabil agar kepulangannya bisa berjalan dengan baik," kata Soes.

Soes mengatakan, di pesawat pihak airlines membuatkan ruangan khusus yang setara dengan sembilan penumpang, didampingi seorang dokter, dua orang perawat, dan Kabid Ketenagakerjaan KDEI Taipei Devriel Sogia Raflis. Biaya pemulangan ditanggung Kementerian Ketenagakerjaan RI.

"Kami bersyukur proses kepulangan Sugiayem berjalan baik dan lancar sehingga Sugiayem dapat bertemu dengan keluarganya meski kondisinya masih sakit dan perlu perawatan lanjutan," ujarnya.

Tiba di Indonesia, Sugiayem langsung dirawat di ruang Intensive Care Unit Rumah Sakit Umum Daerah Blambangan, Banyuwangi.

“Kami berharap kondisi Sugiayem membaik. Keberadaaan sanak keluarganya yang telah menanti kedatangannya diharapkan dapat  membantu mempercepat pemulihan kesehatannya," ujar Soes.

Pada 29 Mei, Sugiayem yang lahir pada 20 Juni 1979 datang ke KDEI Taipei untuk konsultasi kelengkapan dokumen untuk kepulangan ke Indonesia.

Pada 3 Juni, KDEI Taipei menerima informasi bahwa Sugiayem masuk rumah sakit dan dirawat sejak 1 Juni. Setelah melalui beberapa pemeriksaan, ditemukan adanya penyumbatan pada pembuluh darah di bagian otak yang mengakibatkan kesulitan berbicara dan beraktivitas.


(TRK)

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

Bacakan Pledoi, Andi Narogong Minta Maaf

13 minutes Ago

Jakarta: Terdakwa korupsi pengadaan KTP elektronik tahun anggaran 2011-2013 Andi Narogong memba…

BERITA LAINNYA