Jabar Tempel DKI Jakarta di Popnas XIII

Alfa Mandalika    •    Kamis, 17 Sep 2015 02:17 WIB
Jabar Tempel DKI Jakarta di Popnas XIII
Suasana pembukaan Popnas XIII. (Foto: Ant/ Agus Bebeng)

Metrotvnews.com, Bandung: Kontingen Popnas XIII/2015 Jawa Barat menempel posisi DKI Jakarta pada perburuan medali emas pekan olahraga pelajar. Ketua Kontingen Popnas Jabar Pery Suparman percaya peluang meraih juara umum tetap terbuka.

"Peluang masih ada bagi Jabar, kami masih berupaya maksimal untuk bisa meraih yang terbaik, termasuk dalam dua hari terakhir," kata Pery.

Kontingen Popnas Jabar pada Rabu malam masih berada di peringkat kedua klasemen perolehan medali. Jabar mengumpulkan 38 medali emas, 22 perak dan 40 perunggu. Sementara itu DKI Jakarta masih diperingkat teratas dengan 51 medali emas, 30 perak dan 28 perunggu.

DKI pada hari ketujuh meraih sembilan medali emas setelah mendominasi pada senam dengan empat emas, sedangkan Jabar yang mendominasi cabang pencak silat khususnya pada nomor TGR sepanjang hari meraih tujuh medali emas. Dengan selisih 13 medali emas, maka posisi DKI Jakarta masih belum aman untuk tetap bisa di posisi teratas atau menjadi kandidat juara umum Popnas XIII/2015.

Jabar masih memiliki peluang di beberapa cabang olahraga yang masih dipertandingkan. Terlebih masih ada sekitar 78 medali emas yang masih diperebutkan. Di sisi lain, Jabar memberikan kontribusi emas cukup signifikan pada hari ketujuh Popnas XIII/2015, sehingga mendekati DKI Jakarta.

Hingga Rabu 16 September, jumlah medali emas yang sudah didulang sebanyak 196 medali emas, 196 medali perak dan 263 medali perunggu dengan total medali sebanyak 655 medali. Sedangkan total medali emas yang diperebutkan pada ajang itu sebayak 274 sehingga perburuan masih cukup seru.

Di lain pihak Jatim yang berada di peringkat ketiga juga menggeliat dengan meraih 23 medali emas, 33 perak, dan 41 perunggu disusul Jawa Tengah dengan 17 medali emas, 14 perak, dan 22 perunggu. (Ant)
(ASM)