Si Emas Hitam Nyaris Melompat 6%

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 17 Sep 2015 07:59 WIB
minyak mentah
Si Emas Hitam Nyaris Melompat 6%
Ilustrasi minyak -- FOTO: Reuters/Lucy Nicholson/

Metrotvnews.com, New York: Harga emas hitam alias minyak mentah melonjak sebanyak enam persen pada perdagangan Rabu waktu setempat. Kenaikan tajam ini terjadi setelah AS melaporkan penurunan dan produksi minyaknya lebih rendah.

Reli minyak ini juga didorong oleh keraguan tentang apakah Federal Reserve akan tetap memutuskan untuk menaikkan suku bunganya pada hari ini setelah data inflasi Agustus tercatat lemah.

Data resmi dari Administrasi Informasi Energi AS (EIA)menunjukkan total penurunan persediaan AS sebesar 2,1 juta barel untuk pekan yang berakhir pada 11 September. Persediaan minyak AS adalah 1,9 juta, serta merupakan yang terbesar sejak pekan yang berakhir 28 Agustus.

Keputusan yang akan digelontorkan the Fed untuk mempertahankan suku bunga AS di level rendah ini nantinya bisa menahan dolar, membuat minyak mentah dalam denominasi dolar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Adapun mata uang dolar mundur dari level tertingginya dalam satu minggu setelah melemah 0,1 persen secara tak terduga. Harga minyak mentah AS ditutup naik USD2,56 atau 5,7 persen menjadi USD47,15 per barel. Sementara itu, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (17/9/2015), harga patokan minyak dunia Brent ditutup naik USD2 per barel atau setara 4,2 persen menjadi USD49,75 per barel.

Harga minyak mentah telah melihat berayun sejak akhir Agustus karena adanya prospek pasokan-permintaan campuran dari EIA, Badan Energi Internasional dan kelompok produsen OPEC.

Hal tersebut pun mempengaruhi Wall Street, di mana trader Goldman Sachs memangkas proyeksi yang lebih rendah untuk harga minyak. Beberapa analis memperkirakan pemulihan harga minyak dari posisi terendah selama 6,5 tahun untuk brent sebesar USD42,23 per barel dan minyak mentah AS sebesar USD37,75 per barel.


(AHL)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

17 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA