Dicurigai Hendak Buat Bom, Ahmed Mohamed Mendadak Tenar di Amerika

Insaf Albert Tarigan    •    Kamis, 17 Sep 2015 09:59 WIB
kasus ahmed mohamed
Dicurigai Hendak Buat Bom, Ahmed Mohamed Mendadak Tenar di Amerika
Ahmed Mohamed saat ditangkap polisi sedang menggunakan kaos berlogo NASA (Twitter)

Metrotvnews.com: Kasus berbau rasisme yang menimpa Ahmed Mohamed di Amerika Serikat membuatnya mendadak terkenal. Presiden Barack Obama bahkan sudah menawari bocah berusia 14 tahun itu untuk datang ke Gedung Putih.

Tak berhenti di situ, Siswa MacArthur High School tersebut juga mendapatkan tawaran berkunjung dari para petinggi perusahaan teknologi di Amerika Serikat. CEO dan Pendiri Facebook Mark Zuckerberg, Pendiri Reddit Alexis Ohanian, Direktur Mars Rover di NASA, Mike Seibert, Google, dan Pendiri Box Aaron Levie sudah menyampaikan undangan terbuka kepada Ahmed.

 



  Untuk Anda yang belum tahu, Ahmed diborgol polisi hanya gara-gara membawa sebuah jam digital yang dia buat sendiri ke sekolah untuk dipamerkan kepada guru-gurunya. Seperti dilansir Gizmodo, bukannya mendapat pujian, kepala sekolah justru tiba di kelas Ahmed bersama seorang polisi.

Ahmed lalu ditangkap. Ahmed menyatakan bahwa dia lalu diinterogasi oleh 5 polisi yang berbeda. Kelimanya bertanya padanya kenapa dia berusaha untuk membuat sebuah bom. Ahmed juga berkata bahwa kepala sekolah mengancam akan mengeluarkannya dari sekolah. Sidik jarinya juga sempat diambil oleh polisi.

 
Setelah diselidiki, ternyata ada 3 orang guru dari MacArthur High School yang mengirimkan laporan ke polisi. Ketiga guru tersebut berpikir bahwa Ahmed sedang berusaha untuk membuat bom. Polisi sempat membawa jam buatan Ahmed saat mereka sedang menanyai remaja tersebut. Dalam pernyataan yang polisi keluarkan, mereka menyatakan bahwa Ahmed terus berkata bahwa jam buatannya hanyalah sebuah jam dan tidak memberikan keterangan lebih lanjut.



Atas kasus ini, Mark Zuckerberg berkomentar, "Memiliki keahlian dan ambisi untuk membuat sesuatu yang keren harusnya menuai pujian, bukan penangkapan. Masa depan berada di tangan orang seperti Ahmed. Ahmed, jika kamu hendak berkunjung ke Facebook, aku akan senang menemuimu."

Presiden Obama juga menyampaikan pesan serupa. "Jam yang keren. Apakah ingin membawanya ke Gedung putih? Kita harus menginspirasi lebih banyak anak sepertimu untuk menyukai ilmu pengetahuan. Itulah yang membuat Amerika besar."

Saat ditangkap polisi, Ahmed memang sedang mengenakan kaos berlogo NASA. Karena pemberitaan media, NASA juga memberi perhatian terhadap bocah kreatif tersebut. Berikut penampakan jam buatan Ahmed seperti dirilis Makezine.




(ABE)