Gempa Dahsyat di Chile Tewaskan Dua Orang, 10 Luka

Willy Haryono    •    Kamis, 17 Sep 2015 10:32 WIB
gempa chile
Gempa Dahsyat di Chile Tewaskan Dua Orang, 10 Luka
Warga di Valparaiso, Chile, Rabu (16/9/2015) malam, memilih berada di area terbuka setelah terjadinya gempa berkekuatan 6,8 SR di Chile. (Foto: AFP / ALEJANDRO RUSTON)

Metrotvnews.com, Santiago: Gempa masif berkekuatan 8,3 Skala Richter mengguncang wilayah pusat Chile, Rabu (16/9/2015), dan memicu munculnya peringatan tsunami ke beberapa wilayah pesisir. 

Sedikitnya dua orang tewas dan sepuluh lainnya terluka dalam gempa di Chile. Sementara ribuan warga berlarian dari rumah mereka dan bergerak menuju wilayah terbuka. 

Seperti dilansir AFP, getaran gempa terasa hingga ke Argentina, dimana sejumlah gedung pun bergetar dan bergoyang. 

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa berpusat di 228 kilometer dari Santiago, ibu kota Chile yang berpenduduk 6,6 juta jiwa. 

Dua korban tewas adalah seorang perempuan di Illapel, daerah dekat episenter gempa, dan pria 86 tahun di Santiago. 

"Kami melarikan diri dari bangunan dan semuanya berguncang begitu kencang," ujar Pablo Cifuentes, warga lokal, kepada radio Cooperativa

Di pesisir La Serena, wilayah utara Chile, "orang-orang berlarian ke segala arah," kata warga setempat, Gloria Navarro. 

April tahun lalu, gempa 8,2 SR mengguncang wilayah utara Chile, menewaskan enam orang dan memaksa satu juta lainnya mengungsi dari rumah di sekitar Iquique.

Pada 27 Februari 2010, gempa berkekuatan 8,8 SR mengguncang lepas pantai Maule, Chile. Gempa ini menewaskan lebih dari 500 orang dan menyebabkan kerugian material hingga USD30 miliar.


(WIL)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

4 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA