Tsunami dari Gempa Chile Mampu Capai Jepang

Willy Haryono    •    Kamis, 17 Sep 2015 10:56 WIB
gempa chile
Tsunami dari Gempa Chile Mampu Capai Jepang
Gunung Sakurajima di lepas pantai kota Kagoshima, Jepang. (Foto: AFP / JIJI PRESS)

Metrotvnews.com, Santiago: Gelombang tsunami yang mungkin terbentuk dari gempa 8,3 Skala Richter di Chile diperkirakan dapat mencapai pesisir beberapa negara, termasuk yang terjauh hingga ke wilayah Jepang.

Demikian disampaikan meteorolog dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii, seperti dikutip AFP, Kamis (17/9/2015). 

Disebutkan gelombang tsunami "berbahaya" mungkin melanda beberapa garis pantai Chile, termasuk yang ketinggiannya melebihi tiga meter. 

Tsunami juga mungkin terjadi di perairan French Polynesia, Hawaii dan California. Sementara gelombang tsunami yang lebih kecil diperkirakan melanda Jepang dan Selandia Baru. 

Sedikitnya dua orang tewas dan sepuluh lainnya terluka dalam gempa di Chile. Sementara ribuan warga berlarian dari rumah mereka dan bergerak menuju wilayah terbuka. 

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan gempa berpusat di 228 kilometer dari Santiago, ibu kota Chile yang berpenduduk 6,6 juta jiwa.

April tahun lalu, gempa 8,2 SR mengguncang wilayah utara Chile, menewaskan enam orang dan memaksa satu juta lainnya mengungsi dari rumah di sekitar Iquique.

Pada 27 Februari 2010, gempa berkekuatan 8,8 SR mengguncang lepas pantai Maule, Chile. Gempa ini menewaskan lebih dari 500 orang dan menyebabkan kerugian material hingga USD30 miliar.


(WIL)