Realisasi Pajak Kendaraan Pekalongan Capai 70,58%

   •    Kamis, 17 Sep 2015 11:45 WIB
ekonomi daerah
Realisasi Pajak Kendaraan Pekalongan Capai 70,58%
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Kota Pekalongan hingga pertengahan September 2015 telah mencapai 70,58 persen dari target sebesar Rp47,6 miliar. Diharapkan, target pajak bisa terealisasi sepenuhnya.

"Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor PKB baru mencapai sekitar Rp33,6 miliar atau 70,58 persen dari target Rp47,6 miliar," kata Kepala Seksi Pembukuan dan Pelaporan Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Samsat Kota Pekalongan Hery Murwanto, seperti dikutip dari Antara, di Pekalongan, Kamis (17/9/2015).

Menurut dia, target tersebut ditetapkan dari sebanyak 111 ribu objek kendaraan bermotor yang ada di wilayah Kota Pekalongan. Kendati target PKB masih kurang Rp14 miliar namun pihak samsat optimistis akan tercapai hingga akhir 2015.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah program untuk mencapai target Rp47,6 miliar itu dengan melakukan jemput bola ke rumah wajib pajak," katanya.

Selain itu, lanjut dia, samsat juga menggelar kegiatan pemberian keringanan serta penghapusan sanksi administrasi pajak bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor.

"Kepada wajib pajak yang membayar pajak dan bea balik nama kendaraan akan kami berikan penghapusan biaya administrasi pajak bermotor. Penghapusan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor ini berlaku hingga Desember mendatang," pungkasnya. 


(ABD)