Hut ke-70, Jusuf Kalla: PMI Punya Peran Penting

Dheri Agriesta    •    Kamis, 17 Sep 2015 12:02 WIB
pmi
Hut ke-70, Jusuf Kalla: PMI Punya Peran Penting
Jusuf Kalla di acara PMI. Foto: MTVN/Dheri

Metrotvnews.com, Jakarta: Palang Merah Indonesia (PMI) sudah 70 tahun berdiri, selisih satu bulan dengan kemerdekaan Indonesia. Sejak didirikan, PMI memiliki peran penting dalam misi kemanusian.

PMI memperingati hari jadi dengan pameran di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI hadir untuk menutup rangkaian peringatan ulang tahun PMI yang digelar sejak 10 September, Kamis (17/9/2015).

"PMI sejak awal penting. Saat terjadi perang dengan para lawan bangsa kita, semua itu butuh upaya kemanusiaan. Dan di sana peran PMI timbul," kata Jusuf Kalla dalam sambutannya.

(Klik: PMI Masih Impor Kantung Darah)

Menurut Jusuf Kalla, peran PMI dari tahun ke tahun berubah. PMI tak hanya menyelamatkan masyarakat yang terjebak dalam perang. Peran PMI lebih kepada sisi kemanusian. Saat ini, PMI ikut turun tangan ketika ada bencana dan konflik.

"Kini, masalah kita berhubungan dengan bencana alam, masalah nasional kita asap, kebakaran. Di samping lembaga negara seperti BNPB, TNI, PMI juga harus jadi peran penting," ujarnya.

Sebagai Ketum PMI, JK berharap bisa meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam bentuk berbeda. Selain mengadakan donor darah rutin, PMI akan berusaha memberikan pendidikan kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan. "Mencegah korban juga bagian penting."

(Klik: 70 Tahun Berdiri, PMI Miliki 2 Juta Relawan Donor Darah)

Peringatan hari jadi PMI diselenggarakan sejak 10 September. PMI, Museum Nasional dan PT Pos Indonesia bekerja sama mengeluarkan perangko khusus bergambar gedung PMI tempo dulu dan Ketua Umum pertama PMI Mohammad Hatta (Bung Hatta).


(TRK)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

27 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA