Pengungsi Suriah jadi Bahasan Sidang Majelis Umum PBB

Fajar Nugraha    •    Kamis, 17 Sep 2015 13:55 WIB
imigran gelap
Pengungsi Suriah jadi Bahasan Sidang Majelis Umum PBB
Pengungsi Suriah yang mencari kehidupan baru (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Konflik di Suriah menyisakan masalah pengungsi. Isu mengenai pengungsi Suriah ini diperkirakan akan dibahas dalam Sidang Majelis Umum PBB.

Sidang Majelis Umum PBB ini akan dihadiri oleh Wapres Jusuf Kalla dan Menlu Retno Marsudi.

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir masalah-masalah di Suriah merupakan bagian dari isu global yang akan dibahas di sidang ini.

"Salah satu yang penting berkembang dalam beberapa bulan terakhir adalah terkait pengungsi (Suriah). Ini juga akan menjadi perhatian dalam pertemuan itu," jelas Arrmanatha, di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri RI, di Jakarta, Kamis (17/9/2015).

"Di dalam tema utamanya sendiri, tentunya berbagai negara akan membawa isu tersebut. Namun juga ada dua pertemuan khusus yang membahas isu Suriah," imbuhnya.

Dua pertemuan khusus menurut pria yang akrab disapa Tata ini antara lain, pertemuan Dewan Keamanan PBB pada 30 September yang fokusnya "Maintenance Peace and Security Settlement of Conlfict in the Midlle East and Africa and Countries from Terrorist Threat in The Region". Ini fokusnya membahas berbagai isu di Timur Tengah termasuk, teroris dan ISIS di Suriah.

Selain itu adapula pertemuan tingkat tinggi mengenai upaya untuk memperkuat penanganan pengungsi. Ini termasuk perkembangan yang terjadi kini.

Selain itu ada pertemuan yang dilaksanakan oleh negara-negara lain. Ada pertemuan formal sebagai side event, dilaksanakan Belanda dan Inggris.


(FJR)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA