Kenali Tanda Penyakit Celiac

   •    Kamis, 17 Sep 2015 15:25 WIB
kesehatan
Kenali Tanda Penyakit Celiac
Celiac adalah penyakit yang menyerang usus. (foto:abcnews.go.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyakit celiac merupakan suatu kondisi di mana usus tidak dapat mencerna nutrisi tertentu di dalam tubuh. Menurut Sonia Kupfer, MD, anggota Celiac Disease Center, gejala celiac bisa beragam macam seperti menopause dini atau rambut tiba-tiba menipis.

Penelitian menyebutkan bahwa celiac hanya menyerang 1 dari 100 orang. Sehingga, penting untuk Anda mengenalinya sedini mungkin tanda-tanda dari penyakit ini. Berikut, tanda-tanda penyakit celiac.

1. Anemia
Saat tubuh kekurangan zat besi dan mineral sehingga menyebabkan Anda punya Anemia, itu bisa jadi celiac penyebabnya. Studi juga menemukan bahwa sepertiga pasien yang didiagnosis menderita anemia terkena celiac. Maka dari itu, bila Anda memiliki anemia segera periksa ke dokter untuk melakukan pemeriksaan terhadap usus Anda.

2. Anda tidak dapat berpikir dengan baik
Mungkin terkadang Anda menanyakan kenapa Anda bisa berada di sini, atau apa yang sedang Anda lakukan. Itu tandanya Anda menerima celiac. Sebab otak akan bermasalah saat antibodi diproduksi oleh tubuh sebagai respon terhadap gluten. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bebas gluten 

3. Anda merasa putus asa
Akibat peradangan usus maka Anda kerap akan mengalami depresi dan kecemasan. Karena, biasanya orang yang menderita celiac akan memiliki masalah dalam suasana hatinya.

4. Anda menderita patah tulang
Sebuah tinjauan 2014 dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa penderita celiac memiliki 30 persen risiko memiliki jenis fraktur, yang lebih khusus lagi, akan mengalami peningkatan hingga 69 persen dalam risiko patah tulang pinggul. 

Itu mungkin karena nutrisi seperti kalsium tidak serta diserap dalam usus kecil. Tanda-tanda lainnya yang juga bisa dilihat Anda mengalami osteoporosis pada usia dini atau memiliki masalah postur.

5. Mati rasa
Apabila Anda tidak dapat berdiri dengan baik atau sering tersandung dan beberapa masalah keseimbangan seperti mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki maka itu berkaitan dengan penyakit celiac.

Studi UK tahun 2012, melakukan MRI pada otak pasien celiac dan menemukan bahwa otak mengalami perubahan sehingga mempengaruhi keterampilan motorik dan kognitif. (Sumarni/ Prevention)


(LOV)