Ada Ratusan Kios yang Masih Berdiri di Pasar Karang Anyar

Deny Irwanto    •    Kamis, 17 Sep 2015 15:31 WIB
penggusuran pasar
Ada Ratusan Kios yang Masih Berdiri di Pasar Karang Anyar
Pasar karang Anyar di Sawah Besar Jakarta Pusat--Metrotvnews.com/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Ratusan kios Pasar Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat dibongkar. Namun tak semua kios rata dengan tanah. Saat ini terdapat ratusan kios yang masih berdiri.   

"Kami punya lapak enggak di situ (saluran air), kita jualan di dalam. Yang dibongkar dari kemarin cuma yang di deretan saluran air. Kami tetap jualan di sini," kata Jaja, pedagang pakaian saat berbincang di kawasan Pasar Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (17/9/2015).

Pembongkaran Pasar Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat telah dilakukan sejak Rabu, 16 September kemarin. Pembongkaran yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta ini dilakukan pada bangunan pasar yang berdiri di atas saluran air di kawasan tersebut.

Jaja bersyukur kiosnya tidak dibongkar petugas. Dia juga mengaku tetap akan berjualan di pasar Karang Anyar, meski sebagian kios pedagang sayur dan buah telah dibongkar petugas.

Atas pembongkaran yang dilakukan petugas, Jaja mengaku turut prihatin terhadap nasib beberapa temannya. Beberapa temannya masih belum memiliki tempat untuk berjualan lagi.

"Ya kasihan sih, banyak teman saya yang enggak kebagian tempat di dalam. Terus pada bingung juga mau jualan di mana. Kami pedagang enggak semua punya uang lebih buat sewa lapak di tempat lain," ungkapnya.

Pantauan Metrotvnews.com, terlihat mobil backhoe masih mengeruk sisa puing untuk diangkut ke atas mobil truk Dinas Kebersihan. Sisa material yang masih menumpuk tersebut berada menjorok ke dalam, sekitar 50 meter dari pinggir Jalan Karang Anyar, Sawah Besar.

Selain petugas kebersihan yang mengangkut sisa puing bangunan, terlihat juga beberapa warga atau pedagang yang ikut mengambil puing tersebut. Provinsi DKI Jakarta melakukan pembongkaran paksa terhadap ratusan kios di Pasar Karang Anyar. 236 kios pedagang yang beroperasi di pasar Karang Anyar dibongkar untuk menormalisasi saluran air yang berada di kawasan pasar tersebut.

Saat pembongkaran, tidak ada perlawanan dari para pedagang. Mereka seolah pasrah. Pembongkaran lapak pedagang ini mendapat pengawalan ketat dari puluhan aparat Satpol PP.


(YDH)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

2 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA